Taiwan Kandangkan Jet Tempur F-16 Pascainsiden Pesawat Jatuh ke Laut

Taiwan Kandangkan Jet Tempur F-16 Pascainsiden Pesawat Jatuh ke Laut

Global | inewsid | Rabu, 12 Januari 2022 - 12:25
share

TAIPEI, iNews.id Taiwan mengandangkan armada jet tempur F-16 mereka selama proses pencarian salah satu pesawat militer negara itu yang jatuh ke laut, kemarin. Keputusan itu diumumkan Angkatan Udara Taiwan, Selasa (11/1/2022).

F-16V, salah satu jet tempur paling canggih milik Taiwan, menghilang dari layar radar sekitar setengah jam setelah lepas landas dari sebuah pangkalan di Kota Chiayi. Sedianya, pesawat itu hendak melakukan penerbangan latihan rutin saat kecelakaan terjadi.

Pilot yang menjadi korban dalam insiden itu diidentifikasi sebagai Kapten Chen Yi. Perwira berusia 28 tahun itu bergabung dengan Angkatan Udara Taiwan pada tahun lalu.

Pusat Penyelamatan Nasional Taiwan melaporkan, penduduk melihat pesawat tempur itu menabrak laut. Kecelakaan itu kemudian dikonfirmasi oleh Angkatan Udara pada konferensi pers yang digelar kemarin.

Pesawat F-16V itu dengan cepat jatuh ke laut pada sudut yang besar. Tidak ada tanda-tanda bahwa pilot (sempat menyelamatkan diri dengan) terjun payung, kata Inspektur Jenderal Angkatan Udara Taiwan, Liu Hui-chien.

Semua pesawat tempur F-16 telah dikandangkan, ucapnya.

Insiden itu terjadi kurang dari dua bulan setelah Taiwan menugaskan skuadron pertama pesawat tempur F-16V buatan AS itu dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan armadanya yang semakin usang. Penugasan skuadron pertama F-16V itu berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan politik dan militer antara Taipei dan Beijing.

China selalu menganggap Taiwan sebagai provinsi pemberontak yang harus dipersatukan kembali dengan RRC, bahkan dengan cara kekerasan jika perlu.

Topik Menarik