Loading...
Loading…
Paspor Paling Kuat di Dunia, Tetangga Indonesia Nomor 1

Paspor Paling Kuat di Dunia, Tetangga Indonesia Nomor 1

Global | sindonews | Selasa, 11 Januari 2022 - 23:25

JAKARTA - Perusahaan penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global, Henley & Partners, kembali mengeluarkan indeks paspor terkuat di dunia. Berdasarkan indeks tersebut, paspor dari dua negara Asia menjadi yang terkuat di dunia.

Perusahaan Henley & Partners telah secara teratur memantau paspor paling "ramah" dalam perjalanan di dunia sejak 2006. Indeks itu diambil berdasarkan data eksklusif yang disediakan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Dalam keterangannya, perusahaan yang berbasis di London, Inggris ini mengatakan ada kesenjangan yang lebar antara utara dan selatan dalam hal kebebasan bepergian.

Dikatakan bahwa peningkatan hambatan perjalanan yang telah diperkenalkan selama pandemi Covid-19 telah mengakibatkan kesenjangan mobilitas global terluas dalam sejarah indeks selama 16 tahun.

Laporan terbaru juga mencatat bahwa kemunculan varian Omicron akhir tahun lalu menyoroti kesenjangan yang berkembang dalam mobilitas internasional antara negara-negara kaya dan negara-negara miskin.

Ini menunjuk pada pembatasan ketat yang diberlakukan terhadap negara-negara Afrika yang digambarkan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menjadi mirip dengan "perjalanan apartheid".

Baca Juga :
Bangga, Indonesia Masuk 10 Paspor Paling Cantik di Dunia

Selain pandemi, tingkat kebebasan bepergian secara keseluruhan telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir. Indeks Paspor Henley menemukan pada 2006 bahwa seorang individu rata-rata dapat mengunjungi 57 negara tanpa perlu memperoleh visa terlebih dahulu. Hari ini, jumlah itu adalah 107 atau hampir dua kali lipat.

Namun, kebebasan baru ini terutama dinikmati oleh Eropa, Amerika Utara, dan negara-negara Asia yang lebih kaya. Adapun pemegang paspor dari negara-negara seperti Angola, Kamerun, dan Laos hanya dapat masuk sekitar 50 negara.

Christian H. Kaelin, ketua Henley & Partners dan pencipta konsep indeks paspor, mengatakan bahwa membuka saluran migrasi akan sangat penting untuk pemulihan pascapandemi.

"Paspor dan visa adalah salah satu instrumen terpenting yang berdampak pada ketidaksetaraan sosial di seluruh dunia karena mereka menentukan peluang untuk mobilitas global," katanya.

"Perbatasan di mana kita dilahirkan, dan dokumen yang berhak kita pegang, tidak kalah sewenang-wenangnya dengan warna kulit kita. Negara-negara yang lebih kaya perlu mendorong migrasi ke dalam yang positif dalam upaya membantu mendistribusikan dan menyeimbangkan kembali sumber daya manusia dan material di seluruh dunia," sambungnya seperti dilansir dari CNN , Selasa (11/1/2022).

Baca Juga :
Keren! 2 Negara Asia Ini Punya Paspor Terkuat di Dunia, Kalahkan Negeri Adi Daya

Untuk diketahui, indeks ini tidak memperhitungkan pembatasan sementara sehingga mengesampingkan akses perjalanan aktual saat ini, pemegang paspor di peringkat teratas - Jepang dan Singapura - secara teori, dapat melakukan perjalanan bebas visa ke 192 tujuan.

Jumlah itu 166 lebih banyak daripada warga negara Afghanistan, yang duduk di bagian bawah indeks dan hanya dapat mengakses 26 negara tanpa memerlukan visa terlebih dahulu.

Lebih jauh ke bawah 10 besar, peringkatnya hampir tidak berubah saat memasuki kuartal pertama tahun 2022. Korea Selatan (Korsel) dengan Jerman berada di tempat kedua (dengan skor 190) dan Finlandia, Italia, Luksemburg, serta Spanyol bersama-sama di tempat ketiga (dengan skor 189).

Berikut daftar paspor terbaik untuk dipegang pada 2022:

1. Jepang, Singapura (192 destinasi)

2. Jerman, Korea Selatan (190)

3. Finlandia, Italia, Luksemburg, Spanyol (189)

4. Austria, Denmark, Prancis, Belanda, Swedia (188)

5. Irlandia, Portugal (187)

6. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris Raya, Amerika Serikat (186)

7. Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, Malta (185)

8. Polandia, Hongaria (183)

9. Lituania, Slovakia (182)

10. Estonia, Latvia, Slovenia (181)

Sementara untuk paspor Indonesia, berada di posisi 72 dengan akses ke 71 wilayah.

Original Source

Topik Menarik

{