Pria Ini Bisa Dapat 11 Kali Suntikan Vaksin Covid-19, kok Bisa?

Global | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 19:45
Pria Ini Bisa Dapat 11 Kali Suntikan Vaksin Covid-19, kok Bisa?

NEW DELHI, iNews.id - Seorang pria paruh baya di India ini mengaku telah 11 kali menerima suntikan vaksin Covid-19. Dia mengaku, suntikan-suntikan itu membuat dia tak lagi merasakan sakit dan nyeri.

Brahmdeo Mandal (65) mengaku telah menerima belasan dosis suntikan Covid-19 di negara bagian Bihar. Otoritas setempat kini tengah menggelar penyelidikan untuk mengetahui bagaimana pria yang tinggal di distrik Madhepura itu dapat memperoleh banyak suntikan.

Pensiunan tukang pos itu akhirnya dihentikan dari mengambil apa yang dia klaim sebagai suntikan ke-12 di sebuah kamp minggu lalu.

Ahli bedah sipil Madhepura, Amarendra Pratap Shahi kepada BBC mengatakan, telah menemukan bukti bahwa dia mendapatkan delapan suntikan dari empat tempat.

India sebagian besar mengelola dua vaksin yang diproduksi secara lokal, Covishield dan Covaxin. Lebih dari 90.000 lokasi menyediakan suntikan vaksin.

Kamp yang menawarkan suntikan langsung tanpa pendaftaran online sebelumnya memerlukan bukti identitas untuk mendaftar.

Mandal dilaporkan berhasil melakukan dua suntikan dalam waktu setengah jam pada hari yang sama.

"Kami bingung bagaimana ini bisa terjadi. Tampaknya ada kegagalan portal yang terjadi. Kami juga mencoba mencari tahu apakah ada kelalaian oleh orang-orang yang menjaga pusat vaksinasi," katanya.

Pakar kesehatan masyarakat, Chandrakant Lahariya mengatakan, satu-satunya cara ini bisa terjadi adalah jika data vaksinasi dari situs-situs tersebut diunggah di portal setelah jeda yang lama.

Sekitar 65 persen populasi orang dewasa India telah divaksinasi lengkap. Sekitar 91 persen telah mendapatkan setidaknya satu dosis vaksin.

Artikel Asli