Kelar Jalani Prosedur Medis Elektif Di RS Jantung, Kondisi Mahathir Baik-baik Saja

Global | rm.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 18:05
Kelar Jalani Prosedur Medis Elektif Di RS Jantung, Kondisi Mahathir Baik-baik Saja

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dilaporkantelah menjalani prosedur medis elektif di RS Jantung, National Heart Institute (IJN), Minggu (9/1).

The Straits Times menyebut, Mahathir yang dirawat di IJN pada Jumat (7/1),diperkirakan akan kembali ke rumahdalam beberapa hari ke depan.

Dalam pernyataannya yang dirilis hari ini, IJN mengatakan, prosedur medis elektif itu berjalan lancar dan sesuai rencana.

"Saat ini, kondisi Mahathir baik. Kesadarannya penuh. bersemangat," demikian bunyi pernyataan tersebut, tanpa merinci prosedur elektif yang dimaksud.

Desember lalu, Mahathir telah menghabiskan waktu seminggu di IJN, untuk menjalani pemeriksaan dan serangkaian penyelidikan medis.

Mahathir telah menjabat hampir 24 tahun secara total sebagai Perdana Menteri Malaysia dalam dua periode terpisah, memimpin pemerintahan Barisan Nasional dan Pakatan Harapan.

Mahathir yang kini berusia 96 tahun, telah menjalani quadruple bypass atau operasi bedah jantung, yang menuntaskan empat pembuluh darah arteri yang tersumbat.

Dia masih aktif berpolitik, memimpin partai oposisinya sendiri, Partai Pejuang Tanah Air, dan menjabat sebagai anggota parlemen untuk Daerah Pemilihan Langkawi di Kedah.

Mahathir diyakini akan memimpin kampanye dalam Pemilu Malaysia, yang akan berlangsung 18 bulan lagi.

Ketika berusia 92 tahun, Mahathir memimpin koalisi oposisi usai Pakatan Harapan mencetakkemenangan bersejarah pada Pemilu2018.

Hasil Pemilu tersebut, mendaulatnya sebagai Perdana Menteri tertua di dunia.

Dia mengundurkan diri di tengah masa jabatannya pada awal 2020, setelah serangkaian pembelotan anggota parlemen, yang menyebabkan pemerintahan Pakatan Harapan runtuh. [HES]

Artikel Asli