Iran Diduga Selundupkan Ribuan Senjata ke Yaman, untuk Pemberontak Houthi?

Global | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 16:42
Iran Diduga Selundupkan Ribuan Senjata ke Yaman, untuk Pemberontak Houthi?

WASHINGTON, iNews.id - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menemukan ribuan senjata yang disita di Laut Arab baru-baru ini. Diduga senjata itu berasal dari satu pelabuhan di Iran.

The Wall Street Journal pada Sabtu (8/1/2022) melaporkan, temuan senjata itu menjadi bukti Iran mengekspor senjata ke Yaman dan tempat lain.

Sebagai informasi, Yaman telah dilanda perang saudara sejak 2014. Milisi Houthi yang didukung Iran melawan pemerintah yang diakui secara internasional.

PBB memberlakukan embargo senjata terhadap Houthi pada tahun 2015.

Dilansir dari Arab News , laporan rahasia oleh panel ahli Dewan Keamanan PBB tentang Yaman, Journal menulis, kapal dan transportasi darat digunakan untuk menyelundupkan senjata buatan Rusia, China dan Iran ke Yaman.

Senjata-senjata itu termasuk peluncur roket, senapan mesin dan senapan sniper. Semua benda itu telah disita oleh Angkatan Laut AS dalam beberapa bulan terakhir.

Kapal yang digunakan untuk mengangkut senjata berangkat dari pelabuhan Jask di Iran tenggara. Hal itu berdasarkan wawancara dengan awak kapal dan data dari instrumen navigasi di atas kapal.

Masih dari laporan Journal, wakil menteri informasi Iran membantah pemerintahnya menyelundupkan senjata ke Yaman. Teheran mengatakan senjata itu tidak dijual atau diangkut ke negara itu.

PBB memperkirakan perang Yaman akan secara langsung atau tidak langsung membunuh 377.000 orang pada akhir tahun. Lebih dari 80 persen dari populasi sekitar 30 juta membutuhkan
bantuan kemanusiaan.

Artikel Asli