Ribuan Warga Korea Utara Berkumpul di Ibu Kota Negara, Ada Apa?

Global | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 08:26
Ribuan Warga Korea Utara Berkumpul di Ibu Kota Negara, Ada Apa?

SEOUL - Ribuan warga Korea Utara (Korut) berkumpul di Lapangan Kim Il-sung di Ibu Kota Pyongyang untuk berunjuk rasa memberikan dukungan kepada Kongres Partai Buruh dan keputusannya.

Dalam foto dan video yang tersebar di dunia maya kerumunan yang dilaporkan terdiri dari petani, pekerja pabrik, pegawai, dan mahasiswa terlihat sepertimenerapkan social distancing atau jarak sosial ditambah dengan memakai masker seperti dilansir dari Sputnik , Minggu (9/1/2022).

Pyongyang City Rally
A Pyongyang city rally took place at Kim Il Sung Square Wednesday to vow to carry through the decisions of the 4th Plenary Meeting of the 8th Central Committee of the Workers' Party of Korea (WPK). pic.twitter.com/FW8dyAqFlY

KFA-UK (@Korea_Friend_UK) January 6, 2022

Pada Kongres Partai Buruh, yang berlangsung minggu lalu, pada hari-hari terakhir tahun 2021, pemimpin Korut Kim Jong-un mengumumkan perlunya rencana ekonomi lima tahun yang baru. Dia juga menekankan bahwa negara perlu memperluas kekuatan militernya, memerintahkan pengembangan dan pembuatan sistem senjata yang lebih canggih.

Setelah kongres, Kim Jong-un lebih lanjut menyatakan selama pidato Tahun Barunya bahwa 2022 akan menjadi tahun perjuangan "hidup dan mati".

Thousands of North Koreans attended a rally in the capital Pyongyang on Wednesday, state media reported.#northkorea , #rally , #pyongyang , #breaking , #breakingnews , #together , full video: https://t.co/7vaqSDimxG pic.twitter.com/nxqBO9tsaL

R@BI@ $@JJ@D. (@rabia6789) January 7, 2022

Korut telah membuat kemajuan yang mantap dalam mengembangkan industri pertahanannya selama dekade terakhir di bawah Kim Jong-un. Pada tahun 2021 saja, Korut menguji beberapa jenis persenjataan baru, termasuk rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam dan rudal hipersonik yang secara teoritis mampu menembus pertahanan udara.

Pyongyang mengatakan pihaknya melakukan uji peluncuran rudal hipersonik kedua pada 5 Januari lalu, dengan proyektil mencapai target 692 kilometer jauhnya. Bagaimanapun, Korea Selatan (Korsel), tidak percaya dengan pernyataan ini dan mengungkapkan keraguan jika tetangganya berhasil mendapatkan teknologi untuk rudal hipersonik.

Untuk diketahui, hanya beberapa negara yang saat ini memiliki teknologi rudal hipersonik termasuk China yang merupaka sekutu utama Korut.

Artikel Asli