Kejam! KKB Teror Sejumlah Desa, Bantai 200 Warga

Global | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 06:58
Kejam! KKB Teror Sejumlah Desa, Bantai 200 Warga

ABUJA, iNews.id Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali meneror sejumlah desa di Negara Bagian Zamfara, Nigeria, sepanjang pekan ini. Akibatnya, diperkirakan lebih dari 200 orang tewas akibat kekejaman mereka.

Serangan kelompok penjahat itu adalah balasan atas serangan udara oleh militer Nigeria di tempat persembunyian mereka beberapa hari lalu.

Reuters melaporkan, penduduk kembali memperoleh akses ke desa-desa mereka pada Sabtu kemarin, setelah militer berhasil merebut daerah tersebut untuk menyelenggarakan pemakaman massal. Pemerintah Negara Bagian Zamfara menyatakan, 58 orang tewas dalam serangan itu.

Sementara itu, Ummaru Makeri, seorang warga yang kehilangan istri dan tiga anaknya dalam serangan KKB itu, mengatakan bahwa sekitar 154 orang telah dikuburkan sampai sejauh ini. Menurut dia, total korban tewas setidaknya mencapai 200 orang.

Pada Jumat (7/1/2022), Reuters melaporkan bahwa setidaknya 30 orang telah tewas di daerah Anka di Zamfara. Ketika itu, lebih dari 300 bandit bersenjata dengan sepeda motor menyerbu delapan desa dan mulai menembak secara sporadis pada Selasa (4/1/2022).

Militer Nigeria mengatakan, mereka telah melancarkan serangan udara pada dini hari Senin (3/1/2022), menyusul laporan intelijen. Serangan udara itu menyasar hutan Gusami dan Desa Tsamre Barat di Zamfara, menewaskan lebih dari 100 anggota KKB, termasuk dua pemimpin mereka.

Seorang warga yang menolak disebutkan namanya mengatakan, serangan di desa-desa itu dapat dikaitkan dengan serangan militer.

Presiden Muhammadu Buhari mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu kemarin bahwa militer telah memperoleh lebih banyak peralatan untuk melacak dan membasmi KKB.

Serangan terbaru terhadap orang-orang tak berdosa adalah tindakan putus asa para bandit dengan melakukan pembunuh massal. Sekarang, mereka berada di bawah tekanan tanpa henti dari pasukan militer kami, kata Buhari.

Buhari menuturkan, pemerintah tidak akan mengalah dalam operasi militernya untuk menyingkirkan para bandit itu.

Artikel Asli