Benda Misterius di Sisi Gelap Bulan Akhirnya Terpecahkan

Global | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 05:01
Benda Misterius di Sisi Gelap Bulan Akhirnya Terpecahkan

BEIJING - Robot penjelajah China akhirnya berhasil cukup dekat untuk menjelajahi benda berbentuk aneh yang terlihat di sisi jauh Bulan tahun lalu. Warganet menyebut penemuan itu "pondok misteri".

Gambar benda berbentuk kubus abu-abu di cakrawala Bulan diterbitkan oleh Our Space, saluran yang berafiliasi dengan China National Space Administration (CNSA), awal bulan lalu.

Oh, this is amazing. Close to tears. Ourspace has published an update on the "mystery hut" and it's so underwhelming it's brilliant. It's just a small rock on a crater rim that they're now calling "jade rabbit" for its appearance. Source: https://t.co/frrMKH7RWM https://t.co/GFCIRzqmDu pic.twitter.com/jpDLDS8TZu

Andrew Jones (@AJ_FI) January 7, 2022

Foto tersebut diambil oleh rover China Yutu-2 saat melintasi kawah besar Von Karman. Dilaporkan pada saat itu dibutuhkan dua hingga tiga bulan bagi penjelajah untuk mencapai benda misterius itu.

Saat Yutu-2 melakukan perjalanannya, orang-orang secara online menjuluki objek tersebut "pondok misteri", yang menunjukkan bahwa itu juga bisa menjadi "Istana Bulan" atau pangkalan alien.

Kebenaran terungkap pada Jumat (7/1/2022), ketika Our Space merilis bidikan close-up dari apa yang ternyata adalah batu sederhana yang tergeletak di tepi kawah.

Namun, batu itu memiliki bentuk yang aneh, tulis publikasi tersebut, seraya menambahkan tim yang mengendalikan penjelajah dari Bumi menjulukinya "Kelinci Giok".

"Sangat luar biasa, ini brilian," tweet Andrew Jones, jurnalis yang meliput program luar angkasa China.

Yutu-2 mendarat di Bulan pada 2019 sebagai bagian dari misi Chang'e-4 China. Ini adalah penjelajah pertama yang menjelajahi sisi Bulan yang tidak terlihat dari Bumi.

Artikel Asli