India Catat Kematian Pertama Akibat Varian Omicron, Pria Berusia 74 Tahun

Global | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:22
India Catat Kematian Pertama Akibat Varian Omicron, Pria Berusia 74 Tahun

INDIA - Kementerian kesehatan India pada Rabu (5/1) mengatakan India mencatat kasus kematian pertama akibat varian Omicron. Seorang pria berusia 74 tahun yang meninggal di negara bagian barat Rajasthan menjadi pasien kasus kematian pertama di India akibat varian Omicron.

Para pejabat mengatakan pria itu menderita diabetes dan kondisi komorbiditas lainnya.

"Secara teknis ini adalah kematian terkait Omicron. Dia adalah orang tua yang menderita diabetes dan kondisi komorbiditas," kata Sekretaris Bersama Kementerian Kesehatan, Lav Agarwal pada konferensi pers harian, Rabu (5/1).

Agarwal mengatakan negara bagian Maharashtra, Benggala Barat, Delhi, Kerala, Tamil Nadu, Karnataka, dan Jharkhand adalah beberapa negara bagian yang menjadi perhatian dengan peningkatan tajam dalam kasus mingguan dan tingkat positif.

Surat kabar Indian Express melaporkan bahwa pasien tersebut dirawat di sebuah rumah sakit di kota Udaipur di negara bagian Rajasthan pada 15 Desember dan meninggal 15 hari kemudian. Dokter mengatakan pria itu telah divaksinasi lengkap.

Selama briefing pada Rabu (5/1), Kepala Dewan Riset Medis India (ICMR) Balram Bhargava mengatakan bahwa varian Omicron adalah "regangan sirkulasi utama di kota-kota dan semua pertemuan massal harus dihindari".

India mencatat 325 kematian dalam 24 jam tetapi hanya satu yang dikaitkan dengan Omicron.

India telah melaporkan 2.630 kasus Omicron sejauh ini. India melaporkan lebih dari 90.000 kasus pada Kamis (6/1), angka ini naik hampir enam kali lipat selama seminggu terakhir yang menurut para ahli didorong oleh varian Omicron.

Artikel Asli