Buronan Kakap Mafia Italia Ditangkap Berkat Google Maps

Global | republika | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:57
Buronan Kakap Mafia Italia Ditangkap Berkat Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Polisi Italia telah menangkap seorang buronan mafia kelas kakap yang buron selama hampir 20 tahun. Seorang penyelidik dari kepolisian menyatakan pada Rabu (5/1), penangkapan ini bisa berhasil berkat bantuan aplikasi Google Maps.

Setelah penyelidikan dua tahun, Gioacchino Gamino yang berusia 61 tahun, dilacak di Galapagar, Spanyol. Dia diduga tinggal dengan nama palsu. Kota ini dekat dengan ibu kota Madrid.

Keberadan Gamino diketahui karena gambar tampilan jalan Google Maps yang menggambarkan seorang pria mirip dengannya di depan toko buah. Tangkapan gambar yang biasa membantu orang mengetahui lokasi itu adalah kunci dalam memicu penyelidikan yang lebih dalam.

"Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami kembangkan dengan cara tradisional," ujar wakil direktur unit polisi anti-mafia Italia (DIA), Nicola Altiero.

Gamino merupakan anggota kelompok mafia Sisilia yang dijuluki Stidda. Dia telah melarikan diri dari penjara Rebibbia Roma pada 2002 dan setahun berikutnya telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya.

Altiero mengatakan, Gamino saat ini ditahan di Spanyol dan mereka berharap untuk membawanya kembali ke Italia pada akhir Februari.

Artikel Asli