Jalani Tugas Sekjen IORA Yang Baru, Dubes Salman Bahas Investasi Hingga Teknologi

Global | rm.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 09:27
Jalani Tugas Sekjen IORA Yang Baru, Dubes Salman Bahas Investasi Hingga Teknologi

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi, melakukan pertemuan virtual dengan Management Committee dan seluruh staf dari Sekretariat Indian Ocean Rim Association (IORA), Rabu (5/1).

Pertemuan tersebut dilakukan dalam kapasitas Dubes Salman Al Farisi sebagai Sekretaris Jenderal IORA yang terpilih berdasarkan proses seleksi yang berlangsung pada 17 November 2021 lalu.

Pertemuan ini menandai dimulainya pelaksanaan tugas Dubes Salman Al Farisi sebagai Sekretaris Jenderal IORA. Ini adalah pertemuan awal tahun untuk membahas berbagai program kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.

Dalam pertemuan ini diperkenalkan para pejabat serta staf di Sekretariat IORA. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Salman menekankan pentingnya peran Sekretariat IORA dalam mendukung berbagai program prioritas seperti maritime safety and security, fisheries management, dan blue economy.

Sekretariat harus terfokus, berkomitmen, serta mampu bersinergi dengan para pemangku kepentingan untuk menjalankan mandat yang diberikan oleh negara-negara anggota, ujar Dubes Salman.

Sejak menjabat Sekjen IORA per Januari 2022, Dubes Salman masih menjalankan tugas kedinasannya secara daring di Pretoria, Afsel dikarenakan perkembangan terbaru pandemi Covid-19 dan keterbatasan jalur penerbangan dari Afsel ke Sekretariat IORA yang berkantor di Mauritius.

Terpilihnya Dubes Salman sebagai Sekjen IORA merupakan salah satu cerminan dari pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang senantiasa berperan aktif di forum internasional, termasuk dalam penempatan sumber daya manusia di berbagai posisi strategis.

Lebih lanjut, kesuksesan pencalonan Dubes Salman merupakan bukti besarnya kepercayaan negara-negara anggota IORA, termasuk Afsel, terhadap Indonesia.

Hal tersebut tidak terlepas dari upaya diplomasi yang selama ini KBRI Pretoria lakukan terhadap Pemerintah Afsel guna memperkuat hubungan baik yang dimiliki kedua negara. IORA adalah organisasi regional yang beranggotakan 23 negara yang secara geografis berada di tepi Samudera Hindia.

Saat ini IORA juga memilki 9 negara mitra dialog, termasuk Amerika Serikat, Rusia, Inggris, China, Jerman, dan Jepang.

Program-program kerja sama prioritas yang menjadi garapan IORA antara lain keamanan dan keselamatan maritim, fasilitasi perdagangan dan investasi, pengelolaan lerikanan, manajemen risiko bencana, pertukaran pariwisata dan budaya, kerja sama akademi, sains, dan teknologi, blue economy, dan pemberdayaan ekonomi perempuan. [ SRI ]

Artikel Asli