Gawat dan Makin Mengerikan Jangan Sampai Terjadi di Indonesia, India Catat Kematian Pertama Covid-19 Varian Omicron

Global | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:55
Gawat dan Makin Mengerikan Jangan Sampai Terjadi di Indonesia, India Catat Kematian Pertama Covid-19 Varian Omicron

Seorang pria penderita diabetes yang meninggal di negara bagian barat Rajasthan adalah kematian pertama di India dari varian Omicron Covid-19 , Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Rabu (5/1), menambahkan bahwa infeksi secara keseluruhan telah berlipat ganda menjadi 58.097 selama empat hari terakhir.

Kementerian Kesehatan India melaporkan bahwa total infeksi Omicron telah meningkat menjadi setidaknya 2.135, lebih dari sebulan sejak kasus pertama terdeteksi di negara itu.

Pejabat pemerintah secara pribadi menyebutkan kasus harian dalam gelombang infeksi ketiga negara itu dapat melampaui rekor lebih dari 414.000 kasus pada Mei lalu. Mereka juga memperingatkan bahwa banyak orang menganggap enteng varian Omicron dan tidak memakai masker karena kebanyakan kasus ringan.

Pejabat tinggi kesehatan Vinod Kumar Paul menolak untuk memperkirakan puncak baru tetapi mengatakan bahkan kasus ringan dapat memberi tekanan pada sistem kesehatan negara itu.

"Tidak ada ruang untuk berpuas diri," katanya dalam jumpa pers yang digelar tiap minggu, menambahkan Omicron mendorong lonjakan di kota-kota. "Jangan anggap remeh. Kami tidak tahu, sistem bisa kewalahan, rumah tangga Anda bisa kewalahan."

Meski demikian, pemerintah mengurangi jumlah hari karantina rumah untuk pasien ringan dan tanpa gejala menjadi seminggu, dari 10 atau 14 hari sebelumnya.

Pejabat lain dalam pengarahan itu mengatakan pria tua dari Rajasthan, yang tidak disebutkan namanya, meninggal karena serangan jantung beberapa hari yang lalu. Tes genetik kemudian menunjukkan dia telah terinfeksi oleh varian Omicron .

Artikel Asli