Waduh, Korea Selatan Kandangkan Semua Jet Tempur Siluman F-35 Gara-Gara Masalah Roda

Global | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:38
Waduh, Korea Selatan Kandangkan Semua Jet Tempur Siluman F-35 Gara-Gara Masalah Roda

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) mengandangkan seluruh jet tempur siluman F-35 setelah insiden yang membuat salah satu pesawat canggih itu mendarat darurat, Rabu (5/1/2022). Semua jet tempur buatan AS itu tak akan digunakan sampai menunggu hasil penyelidikan keluar.

Dilaporkan, jet tempur itu mendarat darurat setelah roda mengalami kerusakan. Pilot memutuskan tak mengeluarkan roda, sehingga pesawat mendarat dengan perutnya. Tidak ada yang luka dalam insiden itu.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (4/1/2022), di sebuah pangkalan Angkatan Udara Korsel.

"Dengan penyelidikan yang sedang berlangsung, seluruh armada (F-35) ditangguhkan dari penerbangan," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel, dikutip dari AFP, Kamis (6/1/2022).

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Korea Selatan Shin Ok Chul menjelaskan kepada parlemen mengenai insiden tersebut pada Rabu kemarin. F-35A terbang di ketinggian rendah saat pilot mendengar suara ledakan. Dia lalu memeriksa sistem pesawat.

"Semua sistem berhenti bekerja kecuali kontrol penerbangan dan mesin," ujarnya, seraya menambahkan pilot memilih untuk tidak mengeluarkan rodal dan mendaratkannya menggunakan perut pesawat.

Sebelum itu para petugas pangkalan menyemprotkan busa khusus ke landasan pacu untuk mencegah ledakan dari gesekan dengan badan pesawat.

Dia menambahkan insiden itu merupakan pertama kali F-35 mendarat dengan perut. F-35 Lightning II merupakan salah jet tempur paling kuat dan gesit di dunia, serta mengadopsi teknologi siluman dan komunikasi canggih. Varian F-35B bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal, sehingga biasa digunakan dalam kondisi landasan pendek seperti kapal induk.

Korea Selatan memesan 40 unit varian F-35A dari produsen Lockheed Martin pada 2014. Pengiriman pertama tiba di Korsel pada 2019.

Artikel Asli