Wali Kota Keturunan Kamboja Pertama Dilantik di AS

Global | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 05:22
Wali Kota Keturunan Kamboja Pertama Dilantik di AS

LOWELL - Seorang pengungsi yang selamat dari pemerintahan brutal Khmer Merah telah menjadi orang Kamboja pertama sebagai wali kota di Amerika Serikat (AS). Sokhary Chau, seorang anggota dewan kota di Lowell, Massachusetts, dengan suara bulat dipilih oleh rekan-rekan dewannya untuk mengambil posisi teratas sebagai wali kota pada Senin (3/1). Dia juga menjadi wali kota keturunan Asia pertama di kota itu.

"Tuhan memberkati Amerika, kan? Saya adalah seorang pengungsi, sekarang saya wali kota sebuah kota besar di Massachusetts," kata Chau, 49 tahun, yang bekerja sebagai pegawai negeri Badan Jaminan Sosial AS, setelah dilantik secara resmi.

Dalam pidato pengukuhan, Chau menceritakan pelarian berbahaya keluarganya dari Kamboja, sekaligus merefleksikan tentang Lowell, bekas kota industri tekstil yang memiliki akar imigran yang dalam.

Saat ini, sekitar 25 persen warga kota berpenduduk lebih dari 115.000 itu adalah orang Asia dan rumah bagi komunitas Kamboja terbesar kedua di AS.

"Sebagai orang Amerika keturunan Kamboja yang bangga, saya berdiri di atas bahu banyak imigran yang datang sebelum saya untuk membangun kota ini," kata Chau di depan kerumunan yang termasuk istri dan dua putranya yang masih remaja. SB/VoA/I-1

Artikel Asli