Korsel Berencana Luncurkan Pengorbit Bulan KPLO

Global | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 05:10
Korsel Berencana Luncurkan Pengorbit Bulan KPLO

SEOUL - Menyusul peluncuran roket Nuri yang dikembangkan dengan teknologi dalam negeri secara mandiri pada tahun lalu, maka pada 2022 ini Korea Selatan (Korsel) bersiap melakukan peluncuran pengorbit Bulan KPLO.

"KPLO merupakan pengorbit Bulan yang dikembangkan dengan teknologi dalam negeri Korsel sejak 2016 dan Korsel berencana akan meluncurkan KPLO pada Agustus tahun ini," tulis kantor berita KBS , Rabu (5/1).

Pengorbit Bulan itu akan membawa enam muatan, termasuk lima jenis kamera resolusi tinggi yang dikembangkan dengan teknologi Korsel dan Shadow Cam yang dikembangkan oleh NASA, untuk mengamankan informasi yang diperlukan untuk pendaratan pesawat luar angkasa berawak di Bulan. Setelah berhasil menyelesaikan semua pengujian, KPLO akan ditempatkan di lokasi peluncuran pada Mei dan diluncurkan dengan SpaceX Falcon 9 pada 1 Agustus.

Jika peluncuran tersebut berhasil, pengorbit Bulan itu akan bergerak menjauh sejauh 1,5 juta kilometer dari Bumi, dan dengan gravitasi Bumi dan Bulan, KPLO akan mendarat di orbit Bulan yang berjarak 380.000 kilometer dari Bumi pada akhir tahun ini. Setelah itu, pengorbit Bulan tersebut akan berotasi seperti satelit di langit 100 kilometer dari permukaan Bulan untuk mengamati Bulan selama satu tahun.

Jika pengorbit Bulan Korsel tersebut melakukan misinya secara normal, maka Korsel berencana untuk secara mandiri menjalankan misi untuk mengirim pesawat tak berawak ke Bulan pada 2030. SB/KBS/I-1

Artikel Asli