Tampilkan Bankir Serakah di Harry Potter, JK Rowling Dituduh Anti-Semit

Global | sindonews | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 01:55
Tampilkan Bankir Serakah di Harry Potter, JK Rowling Dituduh Anti-Semit

WASHINGTON - Mantan pembawa acara talk show Amerika Serikat (AS) Jon Stewart mengecam JK Rowling karena menciptakan tokoh yang katanya "anti-Semit".

Stewart mengeklaim karakter bankir goblin dalam film Harry Potter menyerupai karikatur Yahudi yang serakah.

Dalam edisi terbaru podcastnya "The Problem with Jon Stewart", dilansir RT pada Rabu (5/1/2022), komedian itu mengeklaim bahwa karakter itu "sangat aneh" sehingga orang tidak menyadari dan bereaksi terhadap penggunaan citra "anti-Semit" oleh JK Rowling dalam karakterisasinya tentang para bankir Harry Potter.

Stewart menyarankan para goblin yang menjalankan bank bawah tanah Gringotts menyerupai ilustrasi dalam buku anti-Semit dari tahun 1903, berjudul "The Protocols of the Elders of Zion".

Dalam monolog yang bertele-tele, komedian Amerika itu tampaknya menunjukkan bahwa JK Rowling mungkin mengetahui karya tahun 1903 dan ingin memasukkan citra "anti-Semit" ke dalam buku anak-anaknya.

"JK Rowling berkata, 'Bisakah kita membuat orang-orang ini menjalankan bank kita?' Ini adalah dunia sihir... kita bisa menunggangi naga, kamu bisa memelihara burung hantu... tapi siapa yang harus mengelola bank? Para Yahudi," ujar dia.

Stewart mengatakan terkejut bahwa tidak ada orang lain yang berpikiran sama ketika menonton film berdasarkan novel fiksi tersebut.

"Itu adalah salah satu dari hal-hal di mana saya melihatnya di layar dan saya mengharapkan orang banyak seperti, 'Astaga, (Rowling) tidak, di dunia sihir, hanya melemparkan orang Yahudi ke sana untuk menjalankan f**king bank bawah tanah," papar dia.

Mantan pembawa acara televisi itu bukanlah orang pertama yang menyamakan para bankir Gringotts dengan karya anti-Semit.

Penulis anak-anak Marianne Levy, yang menulis untuk Jewish Chronicle pada 2019, mengeklaim tangkapan layar Gringotts tidak akan muncul pada tempatnya di antara serangkaian kartun dari Der Sturmer Nazi Jerman.

Rowling sendiri telah dituduh anti-Semitisme di masa lalu, dengan beberapa orang mengeklaim bahwa dunia sihir berdarah murni jelas diilhami oleh Nazi.

Artikel Asli