Covid di Xian Terus Merajalela, China Ikut Lockdown Penduduk Yanan

Global | rmol.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:37
Covid di Xian Terus Merajalela, China Ikut Lockdown Penduduk Yanan

RMOL.Pemerintah China memperluas aturan kuncian di sekitar Kota Xian seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

Pada Selasa (28/12), pihak berwenang melaporkan 209 kasus Covid-19. Itu merupakan kasus harian tertinggi sejak Maret tahun lalu.

Dengan munculnya laporan tersebut, ratusan ribu orang di kota Yanan, sekitar 300 km dari Xian diminta untuk tetap tinggal di dalam rumah, sementara bisnis ditutup.

Sejak pekan lalu, pemerintah sendiri telah mengunci dengan ketat 13 juta penduduk di Kota Xian, yang saat ini memasuki hari keenam, seperti dimuat Channel News Asia.

Penguncian Kota Xian merupakan yang paling luas dilakukan di China sejak Wuhan yang berukuran sama dikunci pada Maret 2020.

Kota Xian telah mendirikan lebih dari 4.400 lokasi pengambilan sampel dan mengerahkan lebih dari 100 ribu orang untuk menangani tes massal.

Selama penguncian, warga dilarang mengemudi, dan hanya satu orang setiap rumah tangga yang setiap tiga hari sekali membeli bahan makanan.

Di media sosial, banyak warga Xian meminta bantuan untuk mendapatkan makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

"Aku akan mati kelaparan," tulis salah satu orang di situs Weibo.

"Tidak ada makanan, kompleks perumahan saya tidak akan membiarkan saya keluar, dan saya akan kehabisan mie instan. Tolong bantu!" tulis lainnya. []

Artikel Asli