Kisah Perusahaan Raksasa: Phoenix Group, Salah Satu Penyedia Asuransi Terbesar di Inggris

Global | wartaekonomi | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:48
Kisah Perusahaan Raksasa: Phoenix Group, Salah Satu Penyedia Asuransi Terbesar di Inggris

Phoenix Group Holdings adalah salah satu penyedia layanan asuransi terbesar di Inggris. Fortune mencantumkan namanya dalam daftar perusahaan raksasa Global 500 tahun 2020 dengan total revenue 37,21 miliar dolar AS.

Pada tahun itu, kondisi finansial Phoenix dianggap melemah. Itu karena terjadi penurunan sekitar 78,5 persen pada labanya yakni 108,5 yang tercatat pada 2020. Sementara itu, total asetnya mencapai 321,42 miliar dolar.

Selanjutnya, Phoenix sebagai perusahaan multinasional juga telah terdaftar di London Stock Exchange. Dia juga merupakan konstituen dari FTSE 100 Index.

Sebagai salah satu yang terbesar di dunia, Phoenix ternyata perusahaan yang cukup tua. Ia berdiri pada 1857 sebagai The Pearl Loan Company dan beroperasi dari Royal Oak Public House.

Pada gilirannya, perusahaan tersebut berganti nama menjadi The Pearl Assurance Company pada 1914, ketika pindah ke-252 High Holbon. Pada 1989, perusahaan memindahkan kantor pusatnya ke Peterborough.

Pada masa berikutnya, The Pearl terus melaju sebagai perusahaan asuransi besar. Pada tahun 1990, diakuisisi oleh grup asuransi Australia, AMP, dan pada tahun 2003, Pearl, NPI dan London Life dipisahkan dari AMP untuk menjadi bagian dari Henderson Group.

Pada tahun 2005, Pearl Group dibeli dari Henderson Group oleh Sun Capital Partners (sebuah bisnis di mana Hugh Osmond adalah mitra utama) dan TDR Capital. Ia memperoleh Resolution Life pada tahun 2008 (termasuk operasi Phoenix Assurance-nya).

Bisnis tersebut diakuisisi oleh Liberty Acquisition Holdings (Internasional) Company (sebuah kendaraan yang dikendalikan oleh miliarder Nicolas Berggruen) pada 2009. Ia kemudian berganti nama menjadi Pearl Group.

Setahun kemudian, Pearl Group secara resmi berganti nama menjadi Phoenix Group Holdings. Bisnis tersebut menjual Ignis Asset Management ke Standard Life Investments, cabang manajemen aset dari Standard Life, per Maret 2014.

Sejumlah akuisisi pun dilakukan. Phoenix Group setuju untuk mengakuisisi Standard Life Assurance dari Standard Life Aberdeen seharga 2,9 miliar pound di tahun 2018. Sebagai bagian dari transaksi Standard Life Aberdeen mempertahankan saham di grup gabungan.

Phoenix menyelesaikan akuisisi rekan spesialis buku tertutup ReAssure Group dari Swiss Re pada Juli 2020. Setahun kemudian diumumkan bahwa Phoenix telah memperoleh hak atas merek Standard Life dan telah melakukan langkah-langkah tambahan untuk menyederhanakan hubungan dengan Standard Life Aberdeen yang telah berkembang sejak akuisisi bisnis Standard Life tiga tahun sebelumnya.

Saat ini, Grup memiliki portofolio merek tabungan pensiun dan asuransi jiwa yang komprehensif, termasuk Phoenix life, Standard Life Assurance Limited, ReAssure, Sun life, Phoenix Wealth, atau Phoenix Ireland.

Dengan lebih dari 1.200 karyawan, Phoenix Group Holdings dianggap sebagai salah satu bisnis tabungan dan pensiun jangka panjang terbesar di Inggris. Menurut Forbes, itu dianggap sebagai salah satu dari 2000 perusahaan publik terbesar di dunia.

Artikel Asli