Israel Akan Bertindak Sendiri Jika Diperlukan, Iran Bisa Kiamat

Global | wartaekonomi | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:24
Israel Akan Bertindak Sendiri Jika Diperlukan, Iran Bisa Kiamat

Menteri Luar Negeri Yair Lapid melontarkan peringatan dengan mengatakan bahwa Israel akan bertindak sendiri terhadap Iran jika diperlukan.

Peringatan itu muncul beberapa jam sebelum putaran kedelapan pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan Iran 2015 dimulai di Wina pada Senin (27/12/2021) malam.

Tentu saja, kami lebih suka bertindak dalam kerja sama internasional, tetapi jika perlu, kami akan bertindak sendiri, kata Lapid kepada Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset.

Dia mengatakan bahwa Israel telah memberi sekutu sedikit informasi intelijen yang kuat tentang program nuklir Iran.

Ini bukan hanya opini dan posisi, tetapi intelijen konkret yang membuktikan Iran menipu dunia dengan cara yang sepenuhnya sistematis," kata Lapid.

Menurutnya, yang diinginkan Iran sekarang adalah pencabutan sanksi sehingga miliaran dolar bisa dituangkan ke program nuklirnya dan disalurkan ke Hizbullah dan jaringan Iran lainnya di seluruh dunia.

Sementara itu, Iran menuduh Israel menyabotase pembicaraan nuklir antara pihaknya dan negara-negara barat.

"Para penjajah Zionis tidak pernah menyembunyikan penentangan penuh mereka terhadap pengaturan regional atau internasional yang akan mengarah pada penyelesaian masalah di kawasan itu," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh.

Artikel Asli