Kode untuk Rusia, Pesawat Mata-Mata AS Terlacak di Langit Ukraina untuk Pertama Kali

Global | inewsid | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:44
Kode untuk Rusia, Pesawat Mata-Mata AS Terlacak di Langit Ukraina untuk Pertama Kali

LONDON, iNews.id - Pesawat mata-mata Amerika Serikat untuk pertama kali terlihat terbang di atas wilayah Ukraina. Ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan Rusia dengan Ukraina serta para sekutu.

Laporan intelijen AS menyebutkan ada kemungkinan Rusia melakukan serangan berskala besar ke Ukraina pada awal 2022. Pernyataan itu dibantah Rusia. Kehadiran sekitar 100.000 pasukan mereka di perbatasan Ukraina hanya untuk menjamin keamanan. Laporan lain mengungkap Rusia telah mengerahkan 175.000 pasukan.

Pesawat mata-mata E-8C Joint Surveillance Target Attack Radar System (JStar) terlihat di langit Ukraina pada 27 Desember.

E-8C JStar diketahui memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan menampilkan informasi secara detail mengenai kondisi di daratan yang dilintasinya. Data dan informasi dikirim secara real-time ke markas Angkatan Darat dan Marinir serta pejabat intelijen lainnya.

Teknologi mutakhir memungkinkan antena E-8C miring ke kedua sisi pesawat guna merekam kondisi di lapangan dengan sudut 120 derajat. Ini bisa mendeteksi target dalam radius lebih dari 270 km di udara serta mengetahui kondisi area seluas 12.500 km persegi.

Helikopter, antena, dan pesawat yang bergerak lambat juga bisa terdeteksi oleh radar berteknologi tinggi di E-8C JStar.

Pesawat ini telaj terbukti sukses melakukan misi pengawasan selama bertahun-tahun. Kehadirannya di Ukraina sekaligus menunjukkan hubungan AS dengan Rusia yang semakin tidak stabil terkait krisis di Ukraina.

Presiden Joe Biden menegaskan AS tak akan mengerahkan pasukan ke Ukraina, namun Negeri Paman Sam bisa membalas segala serangan jika pasukan Vladimir Putin benar-benar menyerang.

Artikel Asli