Satelit SpaceX Hampir Tabrak Stasiun Luar Angkasa China, Elon Musk Ramai Dihujat Netizen

Global | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:29
Satelit SpaceX Hampir Tabrak Stasiun Luar Angkasa China, Elon Musk Ramai Dihujat Netizen

BEIJING China telah mengajukan keluhan kepada Kantor Urusan Luar Angkasa PBB, mengklaim stasiun luar angkasanya terpaksa mengelak untuk menghindari tabrakan dengan satelit yang diluncurkan Starlink, divisi dari perusahaan dirgantara milik Elon Musk, SpaceX.

Menurut dokumen yang diserahkan awal bulan ini, satelit Starlink hampir menabrak stasiun luar angkasa China dalam dua kesempatan, pada 1 Juli dan 21 Oktober.

Untuk alasan keamanan, Stasiun Luar Angkasa China menerapkan kontrol pencegahan tabrakan," kata China dalam sebuah dokumen yang diterbitkan di situs web Kantor Urusan Luar Angkasa Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagaimana dilansir Reuters .

Keluhan belum diverifikasi secara independen. SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Insiden ini membuat warga China rama-ramai mengecam Musk di media sosial. Dalam posting di Weibo, warganet China menyebut Starlink sebagai sampah luar angkasa, bahkan beberapa menyebutnya senjata perang luar angkasa Amerika Serikat.

Pendiri Tesla itu adalah seorang tokoh yang cukup terkenal di China.

Dengan hampir 30.000 satelit dan puing-puing lainnya yang diyakini mengorbit planet ini, para ilmuwan telah mendesak pemerintah untuk berbagi data guna mengurangi risiko tabrakan antariksa yang dahsyat.

Artikel Asli