AS Persingkat Masa Isolasi Warga yang Terinfeksi Covid Jadi 5 Hari Saja!

Global | inewsid | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:38
AS Persingkat Masa Isolasi Warga yang Terinfeksi Covid Jadi 5 Hari Saja!

WASHINGTON DC, iNews.id Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mempersingkat masa isolasi yang direkomendasikan untuk orang-orang Amerika yang terinfeksi Covid menjadi lima hari, jika mereka tidak menunjukkan gejala. Sebelumnya, masa isolasi untuk warga AS terjangkit virus corona tanpa gejala adalah 10 hari.

Para pejabat CDC mengatakan, aturan itu sesuai dengan bukti yang berkembang bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 paling menular dalam dua hari sebelum dan tiga hari setelah gejala sakit berkembang. Keputusan itu juga didorong oleh lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini, yang didorong oleh varian omicron.

Penelitian awal menunjukkan, varian omicron dapat menyebabkan penyakit dengan gejala yang lebih ringan daripada versi virus corona sebelumnya. Akan tetapi, mengingat banyaknya orang yang terinfeksi akibat virus itusehingga menyebabkan mereka harus diisolasi atau dikarantinatelah mengancam kemampuan rumah sakit dan dapat melumpuhkan maskapai penerbangan serta bisnis-bisnis lain untuk tetap buka.

Direktur CDC, Rochelle Walensky mengatakan, Amerika Serikat bakal mencatatkan banyak sekali kasus omicron di masa mendatang.

Tidak semua kasus itu akan menjadi parah. Bahkan banyak yang tidak menunjukkan gejala, katanya kepada The Associated Press (AP) pada Senin (27/12/2021) waktu setempat.

Kami ingin memastikan ada mekanisme yang dengannya kami dapat terus menjaga fungsi masyarakat dengan aman, sambil mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, tuturnya.

Pekan lalu, CDC juga melonggarkan aturan yang sebelumnya mengharuskan para petugas perawatan kesehatan untuk tidak bekerja selama 10 hari jika mereka dinyatakan positif Covid. Rekomendasi baru menjelaskan, mereka dapat kembali bekerja setelah tujuh hari jika hasil tes mereka negatif dan tidak memiliki gejala.

Artikel Asli