Ambisi Besar Putra Mahkota Arab Saudi, Kota Riyadh Bakal Menjadi...

Global | wartaekonomi | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:29
Ambisi Besar Putra Mahkota Arab Saudi, Kota Riyadh Bakal Menjadi...

Ambisi besar Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman yang kini menjadi penguasa de facto sungguh mencengangkan.

Dia menginstruksikan para perencana kota Riyadh untuk terus menerapkan strategi 2030 untuk menjadikannya salah satu kota global terbaik.

Instruksi Putra Mahkota muncul alam pertemuan dewan Komisi Kerajaan untuk Kota Riyadh, yang dikenal sebagai RCRC.

Dewan itu bertugas meninjau strategi yang bertujuan untuk menempatkan ibu kota Saudi di antara 10 ekonomi kota teratas global.

Populasi Riyadh juga berupaya ditingkatkan menjadi 15-20 juta, sambil menyambut 40 juta pengunjung pada tahun 2030, demikian pernyataan dari RCRC.

Strategi tersebut bertumpu pada enam pilar antara lain pertumbuhan ekonomi di semua sektor, pengembangan talenta nasional, menarik talenta global, dan peningkatan kualitas hidup.

Rencana strategis kota juga mencakup perencanaan kota dalam skala global, dan tata kelola yang bijaksana untuk sumber daya dan pendukung kota.

Selain itu, fokus pada pengembangan merek global untuk ibukota untuk meningkatkan peran politik, ekonomi dan sosial internasional serta daya saingnya.

Strategi 2030 Riyadh akan dijalankan melalui 26 program sektoral yang mencakup 100 inisiatif dan 700 proyek, tambah pernyataan itu.

RCRC akan mengawasi implementasi strategi melalui penggunaan 50 indikator kinerja utama yang didorong dari benchmark dengan kota-kota global terbaik.

Putra Mahkota yang juga ketua dewan RCRC, menyoroti bahwa Riyadh memiliki banyak keunggulan kompetitif karena memiliki daya beli terbesar di Timur Tengah dengan infrastruktur canggih.

Dia menambahkan itu adalah landasan bagi pertumbuhan ekonomi Saudi.

Artikel Asli