Situasi Perbatasan Afghanistan-Tajikistan Mencemaskan, Rusia Kirim Banyak Senjata dan Peralatan Perang

Global | rmol.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:56
Situasi Perbatasan Afghanistan-Tajikistan Mencemaskan, Rusia Kirim Banyak Senjata dan Peralatan Perang

RMOL.Situasi terkini di perbatasan Afghanistan-Tajikistan menjadi fokus utama pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon.

Rusia dan Tajikistan sedang mengembangkan hubungan dalam masalah keamanan, terutama karena situasi di perbatasan sedang membutuhkan perhatian ekstra.

Putin mengatakan Rusia memandang prihatin akan masalah di perbatasan karena situasinya sudah sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, Rusia telah memperkuat pangkalan militernya di Tajikistan untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan dan bahwa Moskow telah membekali mereka dengan peralatan militer.

Putin mengatakan, komunikasi yang erat dengat mitranya dari Tajikistan itu membuat ia mengatahui perkembangan di perbatasan. Informasi yang diperolehnya membuat ia mengambil kesimpulan bahwa harus disiagakan pasukan untuk menjaga perbatasan.

"Situasi di perbatasan dengan Afghanistan saat ini, saya mengetahuinya karena saya sering berhubungan dengan Anda, menimbulkan kekhawatiran dan perhatian. Saya berbagi keprihatinan ini," ujar Putin seperti dikutip dari CGTN, Senin (27/12).

Selain membekali pasukannya di pangkalan militernya di Tahikistan, Rusia juga mengirimkan persenjataan lengkap untuk memperkuat angkatan bersenjata Tajikistan.

Putin berharap, Tajikistan dapat secara efisien melawan segala ancaman terhadap negara itu yang datangnya dari luar. []

Artikel Asli