Tiongkok Terima Pengajuan Visa AS di Olimpiade Musim Dingin

Global | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 05:30
Tiongkok Terima Pengajuan Visa AS di Olimpiade Musim Dingin

Beijing - Pemerintah Tiongkok telah menerima permohonan pengajuan visa dari para ofisial Amerika Serikat pada ajang Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing.

"Sebelumnya, pihak AS yang memanipulasi politik, mengarahkan, dan membuat sandiwara untuk tidak mengirimkan delegasi diplomatik atau ofisial ke Winter Olympic, meskipun sebenarnya tidak ada undangan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Senin (27/12).

Sehubungan dengan adanya permintaan AS untuk mengirim tim ofisial ke Tiongkok sehingga memerlukan visa, lanjut dia, pihak Tiongkok akan menanganinya sesuai dengan praktik umum internasional, regulasi yang relevan, dan prinsip resiprokal.

Zhao mengingatkan pihak AS agar menjunjung semangat Olimpiade, berhenti memolitisasi olahraga, dan tidak mengeluarkan pernyataan atau perbuatan yang dapat mengganggu terlaksananya ajang empat tahunan yang akan mulai digelar pada awal Februari 2022 itu.

Beberapa media di Tiongkok melaporkan 18 ofisial AS yang mengajukan permohonan visa tersebut akan bertugas memberikan dukungan keamanan dan kesehatan bagi para atlet AS.

Sekitar 40 anggota ofisial AS lainnya kemungkinan juga akan mengajukan aplikasi visa ke Tiongkok.

Sebelumnya pihak Gedung Putih pada Senin (6/12) mengumumkan bahwa pemerintahan AS di bawah Presiden Joe Biden tidak mengirimkan perwakilan diplomatik dan ofisial ke ajang Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing karena Tiongkok dianggap melakukan genosida, kejahatan kemanusiaan di Xinjiang, dan pelanggaran hak asasi manusia. Ant/and

Artikel Asli