Salju Tebal Timbulkan Kekacauan Transportasi di Jepang

Global | sindonews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 01:25
Salju Tebal Timbulkan Kekacauan Transportasi di Jepang

TOKYO - Salju tebal menyebabkan kemacetan lalu lintas, pembatalan penerbangan, dan gangguan pada layanan kereta api di Jepang tengah, Senin (27/12/2021). Sejumlah dampak akibat cuaca buruk juga terjadi di beberapa daerah.

Lebih dari 3.200 rumah tangga terpaksa hidup tanpa listrik di wilayah tersebut, menurut Kansai Electric Power, karena para pejabat memperingatkan lebih banyak salju turun semalam. "Belum ada korban luka atau kematian akibat cuaca dingin yang dikonfirmasi," kata juru bicara pemerintah, Hirokazu Matsuno pada kantor berita AP, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Baca: Terjebak Badai Salju, 31 Pengunjung Menginap di Ruang Pamer IKEA Denmark

"Pola tekanan musim dingin yang kuat menyebabkan turunnya salju lebat, terutama di sepanjang sisi Laut Jepang, dari utara ke barat Jepang, dengan beberapa daerah mengalami rekor hujan salju," kata Matsuno.

Ia juga memperingatkan warga Jepang agar berhati-hati. "Jumlah salju diperkirakan akan meningkat besok. Peningkatan kehati-hatian dan kewaspadaan masih diperlukan," lanjutnya.

Menurut Matsuno, sebuah jalan utama di wilayah Shiga terpaksa ditutup karena kendaraan yang terdampar. Tayangan televisi menunjukkan antrean panjang mobil yang tidak bergerak yang kemudian mulai bergerak.

Baca: Warga Kanada yang Tergelincir di Salju dan Terluka Bisa Gugat Pemerintah Kota

Kemacetan lalu lintas dilaporkan dimulai ketika sebuah truk tergelincir di dekat kota Hikone, di mana salju setebal 68 cm turun dalam 24 jam hingga pagi ini - 30 kali lebih dalam dari rata-rata - menurut penyiar publik NHK.

Masih menurut NHK, hampir 200 penumpang turun salju semalam di jalur kereta lokal di wilayah tersebut. Satu gambar dari gerbong kereta yang diposting di Twitter menunjukkan tumpukan besar bubuk segar di antara dua pintu yang terbuka saat lampu stasiun menyinari kepingan salju di langit malam.

Sekitar 130 penerbangan domestik dibatalkan pada hari Minggu karena salju, kata Jiji Press, dengan NHK melaporkan sekitar 50 pembatalan pada hari Senin.

Artikel Asli