Para Kru Diserang Virus Corona, Kapal Perang AS Terjebak di Pelabuhan Guantanamo Kuba

Global | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 13:04
Para Kru Diserang Virus Corona, Kapal Perang AS Terjebak di Pelabuhan Guantanamo Kuba

NEW YORK, iNews.id - Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Milwaukee terjebak di pelabuhan Teluk Guantanamo, Kuba, setelah para krunya terpapar Covid-19. USS Milwaukee ditugaskan mencegat perdagangan narkoba di kawasan Karibia dan Pasifik Timur.

Juru bicara AL AS Kate Meadows mengatakan, beberapa dari prajurit yang terinfeksi virus corona mengalami gejala ringan. Mereka dipastikan sudah mendapatkan dua dosis vaksin. Meadows tidak menybutkan apakah ada prajurit yang terpapar Covid-19 varian Omicron.

Meadows menambahkan, para kru tetap mengadakan misa Natal di dermaga pelabuhan pada Sabtu (25/12/2021). Mereka tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus lebih masif.

"Mereka menggunakan ruang terbuka dan (menikmati udara segar untuk sebisa mungkin beraktivitas dengan aman. Para koki kapal membuat makanan Natal spesial hari ini untuk semua," ujarnya, dikutip dari The New York Times, Minggu (26/12/2021).

USS Milwaukee mengangkut lebih dari 100 prajurit AL ditambah kru helikopter tempur dan unit penegakan hukum Penjaga Pantai saat meninggalkan markasnya di pelabuhan Jacksonville, Florida, pada 14 Desember. Kapal menjalankan misi bagian dari upaya Komando Armada Selatan AS untuk memerangi perdagangan narkoba.

Kapal berhenti di Teluk Guantanamo untuk mengisi bahan bakar dan perbekalan pada Senin lalu. Namun diputuskan memperpanjang masa tinggal setelah para krunya terpapar Covid.

Meadows memastikan, para kru menjalani karantina di dermaga dan belum ke tempat lain di Guantanamo sejak tiba, sehingga warga sekitar diyakini tak terpapar.

Artikel Asli