PM Pakistan Imran Khan Puji Presiden Putin soal Penghinaan terhadap Nabi Muhammad

Global | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 10:13
PM Pakistan Imran Khan Puji Presiden Putin soal Penghinaan terhadap Nabi Muhammad

ISLAMABAD, iNews.id - Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan memuji Presiden Rusia Vladimir Putin terkait pernyataannya soal penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Dalam konferensi pers tahunan Kamis lalu, Putin menyinggung pihak-pihak yang menghina Nabi Muhammad dengan alasan kebebasan berekspresi.

Saya menyambut baik pernyataan Presiden Putin yang menegaskan kembali pesan saya bahwa menghina Nabi Suci kita bukanlah kebebasan berekspresi. Kami umat Islam, terutama para pemimpin Muslim, harus menyebarkan pesan ini kepada para pemimpin non-Muslim di dunia untuk melawan Islamofobia, kata Khan, dalam cuitan.

Khan merupakan salah satu pemimpin negara Muslim yang mengecam keras penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW sebagaimana dilakukan media Eropa. Dia juga getol mengampanyekan kesadaran tentang konsekuensi dari meningkatnya Islamofobia. Bukan hanya itu Khan mendesak persatuan yang lebih besar antara umat Islam dalam menghadapi sentimen anti-Islam di seluruh dunia.

Pada Oktober 2020, dia menulis surat kepada para pemimpin negara berpenduduk mayoritas Muslim yang meminta mereka untuk bertindak secara kolektif untuk melawan Islamofobia yang terus berkembang.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi juga menyambut baik pernyataan Putin tersebut. Dia mengatakan, menghina Nabi Muhammad adalah pelanggaran terhadap kebebasan beragama dan jauh dari kebebasan berekspresi.

Dalam konferensi pers, Putin mengatakan menghina Nabi Muhmmad tidak masuk kategori kebebasan berekspresi artistik. Penghinaan terhadap Nabi merupakan pelanggaran kebebasan beragama dan menyinggung perasaan umat Islam.

Putin melanjutkan, tindakan itu hanya akan memicu pembalasan seraya mencontihkan serangan terhadap kantor majalah Charlie Hebdo di Paris. Charlie Hebdo merupakan tabloid yang menerbitkan kartun Nabi Muhammad SAW.

Artikel Asli