Setelah Picu Ketegangan, Puluhan Ribu Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina Kembali ke Markas

Global | rmol.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 09:09
Setelah Picu Ketegangan, Puluhan Ribu Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina Kembali ke Markas

RMOL.Sebanyak lebih dari 10 ribu tentara Rusia akhirnya kembali ke pangkalan permanan mereka setelah menggelar latihan di dekat Ukraina selama sebulan terakhir.

Menurut laporan kantor berita Rusia, Interfax, pada Sabtu (25/12), latihan diadakan di beberapa wilayah dekat Ukraina, termasuk Krimea yang dianeksasi Moskow pada 2014, serta wilayah Rostov dan Kuban.

"Tahap koordinasi tempur divisi, kru tempur, regu di unit bermotor telah selesai. Lebih dari 10 ribu prajurit militer akan berbaris ke penempatan permanen mereka dari wilayah area latihan senjata gabungan," lapor Interfax, yang dikutip Reuters.

Pengerahan puluhan ribu tentara Rusia ke perbatasan Ukraina telah memancing kekhawatiran Kyiv bahwa Moskow sedang merencanakan invasi.

Rusia menyangkal hal tersebut, dan menyebut tudingan tersebut digunakan agar NATO memperluas aliansinya ke Barat menuju perbatasan Rusia.

Baru-baru ini diperkirakan 60 ribu hingga 90 ribu tentara Rusia dipindahkan ke dekat Ukraina. Bahkan satu dokumen intelijen Amerika Serikat (AS) menyebut jumlahnya dapat bertambah hingga 175 ribu. []

Artikel Asli