Trudeau: Negara-negara Barat Harus Bersatu Melawan China di Pasar Global

Global | rmol.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 06:52
Trudeau: Negara-negara Barat Harus Bersatu Melawan China di Pasar Global

RMOL.Polarisasi antara Barat melawan China semakin kuat. Bahkan negara-negara Barat dinilai perlu memiliki front persatuan melawan Beijing, khususnya dalam hal kepentingan komersial.

Itu merupakan usul dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dalam sebuah wawancara dengan televisi Globalyang disiarkan pada Sabtu (25/12).

Menurut Trudeau, China telah mempermainkan negara-negara Barat dengan mengadu domba satu sama lain agar Beijing mendapatkan akses ke peluang ekonomi.

"Kami telah bersaing dan China dari waktu ke waktu, dengan sangat cerdik mempermainkan kami satu sama lain di pasar terbuka, dengan cara yang kompetitif," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Ia kemudian mengajak negara-negara Barat untuk bekerja sama dan bersatu melawan China.

"China tidak bisa bermain-main dan memecah belah kita satu sama lain," tegasnya.

Hubungan antara Kanada dan China menjadi dingin sejak penahanan CFO Huawei Meng Wanzhou pada 2018 atas surat perintah ekstradisi AS. Tak lama setelahnya, China menahan dua orang Kanada.

Pada September, Meng mencapai kesepakatan dengan jaksa AS, mengakhiri pertarungan ekstradisi. Di sisi lain kedua warga Kanada itu dibebaskan dalam beberapa jam setelah kesepakatan. []

Artikel Asli