Bawa Senjata, Pria 19 Tahun Menyusup ke Kediaman Ratu Inggris Kastil Windsor

Global | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 06:35
Bawa Senjata, Pria 19 Tahun Menyusup ke Kediaman Ratu Inggris Kastil Windsor

LONDON, iNews.id - Seorang pria menyusup ke Kastil Windsor, kediaman Ratu Elizabeth saat merayakan Natal. Pria itu ditangkap dan ditahan polisi, Sabtu (25/12/2021) pagi. Selain menyusup, dia dicurigai akan melakukan serangan karena membawa senjata.

Kepolisian Thames Valey menyatakan, pria 19 tahun asal Southampton itu belum sempat memasuki bangunan tempat tinggal Ratu, namun masih di halaman saat keberadaannya diketahui.

Saat penyusupan terjadi Ratu Elizabeth sedang merayakan Natal bersama putranya, Pangeran Charles, istrinya Camilla, serta beberapa kerabat.

"Pria itu telah ditangkap atas dugaan kejahatan atau pelanggaran situs dilindungi, serta kepemilikan senjata ofensif," kata Kepala Kepolisian Thames Valley, Rebecca Mears, dikutip dari Reuters, Minggu (26/12/2021).

Dia menambahkan, anggota keluarga kerajaan telah diberitahu mengenai insiden ini. Polisi juga meyakinkan insiden ini tidak menimbulkan ancaman bahaya lebih luas ke masyarakat.

Charles, Camilla, serta anggota keluarga kerajaan lainnya terlihat tiba mengikuti kebaktian Natal di Kapel St George di dalam kompleks Kastil Windsor.

Sejauh ini tak ada informasi bahwa insiden tersebut mengganggu acara keluarga kerajaan. Ratu, Pangeran Charles, Camilla, terlihat tetap menjalankan aktivitas layaknya di perayaan Natal, meski tak sebebas tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Pelanggaran keamanan di kediaman anggota keluarga kerajaan Inggris jarang terjadi. Insiden paling serius selama Ratu Elizabeth II berkuasa terjadi pada 1982 saat seorang penyusup memanjat dinding memasuki Istana Buckingham, London. Dia lalu berjalan ke sebuah ruangan di mana Ratu tidur.

Pada 2016 seorang pria memanjat tembok pembatas Istana Buckingham lalu menanyakan keberadaan Ratu.

Artikel Asli