Loading...
Loading…
Dituduh Bergabung dengan Teroris, Aktivis Politik Divonis 5 Tahun Penjara

Dituduh Bergabung dengan Teroris, Aktivis Politik Divonis 5 Tahun Penjara

Global | inewsid | Selasa, 21 Desember 2021 - 06:16

KAIRO, iNews.id - Seorang aktivis politik terkemuka di Mesir divonis penjara lima tahun. Dia dituduh bergabung dengan kelompok teroris dan menyebarkan berita palsu.

Alaa Abdel Fattah divonis lima tahun penjara pada Senin (20/12/2021). Dilansir dari surat kabar Al-Ahram yang dikelola negara, Pengadilan Kejahatan Keamanan Negara Darurat juga menghukum Abdel-Fattah dengan denda 13.000 dolas AS atau Rp187 juta.

Tak hanya itu, pengadilan juga menghukum pengacara Mohamed El-Baqer dan blogger Mohamed Oxygen. Masing-masing dari mereka divonis empat tahun penjara.

Jaksa menuduh ketiganya menyebarkan berita palsu dan bergabung dengan kelompok teroris yang berusaha untuk menangguhkan konstitusi dan undang-undang. Mereka juga dinilai mencegah lembaga negara menjalankan tugasnya.

Pada bulan November, Pengadilan Kasasi Mesir menguatkan keputusan untuk menempatkan Abdel-Fattah, El-Baqer, dan 26 lainnya dalam daftar terorisme negara itu untuk periode lima tahun.

Pada Jumat lalu, Kementerian Luar Negeri Jerman meminta pihak berwenang Mesir untuk melakukan pengadilan yang adil bagi tiga aktivis Mesir. Sebaliknya, Kementerian Luar Negeri Mesir mengeluarkan pernyataan keras sebagai tanggapan, menuduh Berlin ikut campur dalam urusan dalam negeri Mesir.

Original Source

Topik Menarik