Loading...
Loading…
Pandemi Virus Corona, AS-Kanada Perpanjang Tutup Perbatasan

Pandemi Virus Corona, AS-Kanada Perpanjang Tutup Perbatasan

Global | okezone | Rabu, 20 Mei 2020 - 13:37

WASHINGTON - Perbatasan antara kanada dan Amerika Serikat (AS) akan tetap ditutup sampai 21 Juni untuk menekan virus corona.

Presiden Trump mengatakan, meski penutupan berimbas pada ekonomi, ia optimis bahwa aturan penutupan akan dicabut sebelum batas waktu yang disepakati.

"Kanada adalah tetangga kami. Kami memiliki hubungan yang hebat. Kami mencintai Kanada, Jadi kami akan berbicara dan pada waktu yang tepat, kami akan membuka [perbatasan] itu dengan cepat," kata Trump mengutip Fox News, Rabu (20/5/2020).

Penjabat Sekretaris AS Chad Wolf mengatakan perjalanan yang tidak penting tidak akan diizinkan sampai pemerintah yakin bahwa itu aman dan terjamin.

"Kami telah melakukan kontak dengan mitra kami, Kanada dan Meksiko, dan mereka juga setuju bahwa memperpanjang pembatasan ini adalah keputusan yang bijaksana untuk saat ini," kata Wolf dalam sebuah pernyataan.

Pekerja lintas batas penting seperti petugas kesehatan, kru maskapai dan pengemudi truk masih diizinkan untuk menyeberang.

Pengemudi truk sangat penting karena mereka memindahkan makanan dan barang medis di kedua arah. Banyak pasokan makanan Kanada berasal dari atau melalui AS.

Kanada mengirim 75 persen ekspor ke AS dan sekitar 18 persen ekspor Amerika dikirim ke Kanada.

Warga AS yang kembali ke Amerika dan Kanada yang kembali ke Kanada juga dibebaskan dari penutupan perbatasan.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Dr. Robert Redfield, mengatakan penutupan tetap berlaku sampai CDC menentukan apakah bahaya COVID-19 sudah menurun.

Penutupan perbatasan pertama berlaku pada Maret dan diperbarui lagi pada bulan April ketika kematian dan infeksi akibat virus corona terus meningkat.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa perbatasan adalah sumber kerentanan. Tindakan berkelanjutan akan membuat orang-orang di kedua negara kita aman," ujarnya.

Trudeau juga menambahkan bahwa para pejabat terus memeriksa upaya untuk meningkatkan pengujian dan melacak kontak di perbatasan sesuai kebutuhan.

Original Source