African Cultural Day: Dubes Al Busyra Dorong Pemuda Tingkatkan Hubungan Indonesia-Afrika

Global | rm.id | Published at Sabtu, 04 Desember 2021 - 21:40
African Cultural Day: Dubes Al Busyra Dorong Pemuda Tingkatkan Hubungan Indonesia-Afrika

Hubungan dan kerja sama Indonesia dan Afrika yang dimulai sejak lama terus meningkat di berbagai bidang. Dalam kegiatan diplomasi, terutama diplomasi publik, pemuda mempunyai peranan sangat penting

Dalam mempercepat proses dan peningkatan kerja sama Indonesia dan Afrika itu, pemuda terutama mahasiswa perlu meningkatkan peranannya.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur secara virtual pada acara African Cultural Day & Talkshow yang diselenggarakan secara hybrid oleh Pusat Studi Afrika, Universitas Airlangga (UNAIR), Jumat (3/12).

Ratusan bahkan ribuanpemuda Afrika belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui program beasiswa pemerintah Indonesia. Mereka adalah sahabat muda Indonesia sekaligus pelaku penting diplomasi publik untuk meningkatkan kerjasama Indonesia dengan negara-negara Afrika, ujar Dubes Al Busyra.

Lebih lanjut Dubes Al Busyra menekankan pentingnya hubungan dan kerja sama antar perguruan tinggi, pertukaran pemuda, riset, dan konektifitas berbagai organisasi pemuda Indonesia dan Afrika.

Tahun 2019 berdiri Indonesia-Ethiopia Youth Association yang mendorong kerjasama pemuda kedua negara. Hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika telah terjalin lama, tidak saja sejak Konferensi Asia Afrika 1955, bahkan dimulai pada abat ke-9 dan kedatangan orang-orang Indonesia ke Afrika semakin banyak pada abat 16 dan 17.

Acara yang dihadiri sekitar 100 orang itu, termasuk alumni mahasiswa Afrika yang pernah belajar di UNAIR, dibuka oleh Dekan FISIP UNAIR, Prof. Dr. Bagong Suyanto.

Hadir juga sebagai pembicara IGAK Satriya Wibawa, dosen FISIP UNAIR; Heriyanto Hadi Prasetyo, Kepala PPEI; dan Silas Oghenemaro Emovwodo alumni UNAIR dari Nigeria.

Acara tersebut juga dimeriahkanpertunjukan budaya dari Indonesia dan Afrika yang ditampilkan oleh mahasiswa Afrika yang saat ini kuliah di UNAIR.

Ketua Pusat Studi Afrika FISIP UNAIR, Dr. Pinky Saptandari dalam sambutan pembukaan antara lain mengatakan bahwa African Cultural Day & Talkshow diselenggarakan secara rutin bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman publik tentang pentingnya hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika. [ SRI ]

Artikel Asli