Masa Depan Cerah, Hubungan Militer China dan Rusia Semakin Membaik

Global | wartaekonomi | Published at Jumat, 26 November 2021 - 15:00
Masa Depan Cerah, Hubungan Militer China dan Rusia Semakin Membaik

Kementerian Pertahanan China mengatakan pada Kamis (25/11/2021) bahwa hubungan militer China-Rusia meningkat. Beijing juga berkomitmen untuk membawa kemitraan koordinasi strategis yang komprehensif ke tahap baru dengan Moskow.

Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional, membuat pernyataan pada konferensi pers ketika diminta untuk mengomentari hubungan masa depan militer China dan Rusia setelah panggilan telepon antara menteri pertahanan kedua negara.

Pada Selasa (22/11/2021), Penasihat Negara dan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe mengadakan pembicaraan melalui tautan video dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. Kedua menteri bertukar pandangan tentang langkah kerja sama selanjutnya.

Wu mengatakan bahwa para pemimpin kedua militer telah memelihara komunikasi strategis yang erat tahun ini dan kedua militer telah berhasil menyelenggarakan serangkaian latihan bersama dan kegiatan pelatihan dengan latar belakang pencegahan dan pengendalian epidemi reguler sejak awal tahun ini.

Menyoroti peningkatan mekanisme kerja sama militer antara kedua belah pihak, ia mengatakan bahwa kedua militer telah lebih memperkuat koordinasi dan kerja sama dalam kerangka multilateral seperti Organisasi Kerjasama Shanghai.

Tahun ini menandai peringatan 20 tahun penandatanganan Perjanjian China-Rusia tentang Kerja Sama Bertetangga dan Persahabatan, yang sangat penting bagi kedua negara, katanya.

Militer China siap bekerja sama dengan pihak Rusia untuk meningkatkan koordinasi strategis, memperdalam pertukaran dan kerja sama, membawa lebih banyak manfaat bagi kedua negara dan rakyat dan memainkan peran yang lebih besar dalam menjaga perdamaian dan stabilitas dunia, tambahnya.

Artikel Asli