Indonesia dan Ethiopia Bangun Kerja Sama Pariwisata

Global | sindonews | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:26
Indonesia dan Ethiopia Bangun Kerja Sama Pariwisata

ADDIS ABABA - Sektor pariwisata menjadi salah satu agenda kerja sama bilateral antara Indonesia dan Ethiopia. Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur terus mendorong kerja sama itu.

"Ketika berbicara di depan para pejabat pemerintah, pemimpin komunitas dan pelaku pariwisata di depan air terjun Seka yang terletak di Jimma, 400 km sebelah barat Addis Ababa, Ethiopia, 18 Oktober 2021, saya mengatakan bahwa Indonesia dan Ethiopia memiliki banyak sekali kemiripan, tujuan pariwisata, baik wisata alam, danau, sungai, dan gunung, maupun obyek-obyek wisata senia sejarah dan budaya," papar Dubes Al Busyra Basnur.

Dia menjelaskan, Jimma adalah salah satu wilayah di Oromia yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata. Oromia juga memiliki wilayah terluas dan populasi terbesar di Ethiopia.

"Saya katakan pula bahwa Indonesia siap bekerja sama dan membagi pengalaman dalam pengembangan pariwisata Ethiopia, khususnya dengan Jimma, negara bagian Oromia," ujar dia.

Dia mengungkapkan, air terjun Seka adalah salah satu tujuan wisata alam di Ethiopia yang dikunjungi para turis domestik dan internasional.

"Saya berada di Jimma dalam rangka memenuhi undangan pemerintah daerah untuk menyaksikan secara langsung potensi wisata Ethiopia dan membahas peluang kerja sama pariwisata Ethiopia dan Indonesia," papar dia.

Dubes mengungkapkan, "Kunjungan saya juga terkait seminar dan pelatihan di bidang pariwisata yang diselenggarakan selama tiga hari di Kedutaan Besar RI di Addis Ababa pada 24 September 2021."

Artikel Asli