Baru Beberapa Jam Dipulangkan, Presiden Ceko Dibawa ke RS karena Covid-19

Global | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:55
Baru Beberapa Jam Dipulangkan, Presiden Ceko Dibawa ke RS karena Covid-19

PRAHA - Presiden Republik Ceko Milos Zeman kembali dibawa ke rumah sakit pada Kamis (25/11/2021) setelah dites positif terkena virus corona, kata kantornya. Ini terjadi hanya beberapa jam setelah dia dipulangkan setelah menjalani lebih dari enam minggu perawatan untuk kondisi yang tidak terkait.

Zeman, (77 tahun), dipulangkan untuk mendapatkan perawatan di rumah pada Kamis pagi tetapi ambulans membawanya kembali ke Rumah Sakit Pusat Militer (UVN) pada malam hari setelah dinyatakan positif Covid-19 di rumah peristirahatan presiden di Lany, sebelah barat Ibu Kota Praha.

Rawat inap berarti Zeman tidak akan untuk sementara waktu menunjuk pemimpin oposisi kanan-tengah Petr Fiala sebagai perdana menteri, yang telah direncanakan pada Jumat (26/11/2021).

"Program presiden akan ditangguhkan sambil menunggu perawatan Covid-19," kata kantornya dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Zeman telah divaksinasi terhadap virus corona tiga kali dan media lokal mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan dia tidak menunjukkan gejala.

Situs web berita www.seznamzpravy.cz mengutip Direktur UVN Miroslav Zavoral, yang merupakan dokter utama Zeman, yang mengatakan bahwa presiden, yang telah menerima kunjungan selama rawat inap sebelumnya, melakukan tes untuk Covid-19 setelah kontak "berisiko" dengan karyawan di Lany.

Dia dibawa ke rumah sakit untuk menerima perawatan dengan antibodi monoklonal, katanya.

Presiden sebelumnya dirawat di rumah sakit pada 10 Oktober dengan komplikasi penyakit kronis yang tidak pernah ditentukan oleh kantornya tetapi menurut dokter adalah kondisi hati.

Dia masuk rumah sakit sehari setelah pemilihan parlemen di mana sekutu Zeman, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Andrej Babis, kalah dari koalisi kanan-tengah dan pengaruh presiden atas parlemen berkurang.

Artikel Asli