Jenderal Uni Emirat Arab Dituduh Lakukan Penyiksaan, Kini Terpilih Sebagai Presiden Interpol

Global | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 12:34
Jenderal Uni Emirat Arab Dituduh Lakukan Penyiksaan, Kini Terpilih Sebagai Presiden Interpol

UNI EMIRAT ARAB - Seorang jenderal dari Uni Emirat Arab (UEA) yang dituduh terlibat dalam penyiksaan telah terpilih sebagai Presiden badan kepolisian global Interpol .

Ahmed Nasser al-Raisi, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri UEA, akan menjalani masa jabatan empat tahun dalam peran paruh waktu dan tidak dibayar.

Kelompok hak asasi manusia (HAM) telah melobi terhadap pencalonannya, menuduhnya gagal untuk menyelidiki keluhan yang kredibel tentang penyiksaan terhadap pasukan keamanan UEA.

Jenderal Raisi menolak tuduhan itu. Kementerian luar negeri UEA mengatakan dia "sangat percaya bahwa pelecehan atau perlakuan buruk oleh polisi itu menjijikkan dan tidak dapat ditoleransi".

Jenderal Raisi terpilih sebagai presiden Interpol setelah tiga putaran pemungutan suara oleh negara-negara anggota di majelis umum badan tersebut di Istanbul, Turki.

Tugasnya termasuk memimpin rapat komite eksekutif, yang mengawasi pekerjaan Sekretaris Jenderal Jrgen Stock. Mr Stock adalah pejabat penuh waktu yang mengawasi jalannya Interpol sehari-hari.

Artikel Asli