Lebih dari Seribu Imigran Asal Irak Berharap dapat Kembali ke Negaranya

Global | gatra.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 10:46
Lebih dari Seribu Imigran Asal Irak Berharap dapat Kembali ke Negaranya

Minsk, Gatra.com Lebih dari seribu imigran telah menyatakan keinginan untuk menginggalkan Belarusia untuk dapat kembali ke Irak. Hal ini dikonfirmasi oleh konsul Irak untuk Rusia dan Belarus, Majid Al-Kinani.

Sebelumnya, perwakilan dari Iraq Airways telah mengumumkan tentang empat penerbangan evakuasi warga Irak dari Belarus yang direncakanak dilaksanakan pada 25-26 November. Adapun dua pesawat telah lepas landas dari Baghdad ke Minsk.

"Saya telah mencatat ada lebih dari seribu," ujar Majid Al-Kinani sebagaimana dilansir RIA Novosti , Kamis (25/11).

Konsul berharap empat penerbangan akan cukup untuk merealisasikan keinginan mereka untuk pulang ke negara asalnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa pekan terakhir ribuan imigran telah menumpuk di wilayah perbatasan Belarus dan Polandia berharap untuk dapat mencapai ke sejumlah negara-negara Uni Eropa.

Pihak berwenang Polandia telah memperkuat keamanan di wilayah perbatasannya dengan Belarusia. Polandia bahkan mengerahkan kekuatan militer guna menghalau upaya imigran ilegal memasuki negara itu.

Pemerintah Polandia juga menyalahkan Belarusia atas krisis migrasi yang saat ini terjadi. Hanya saja, Belarusia membantah tudingan tersebut, negara itu bahkan mengklaim bahwa Polandia lah yang telah secara paksa mengusir para migran agar memasuki wilayah Belarusia.

Artikel Asli