Dubes Amerika Sung Yong Kim, Siap Perkuat Kerja Sama Antar Alumni Kampus Paman Sam

Global | rm.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 07:40
Dubes Amerika Sung Yong Kim, Siap Perkuat Kerja Sama Antar Alumni Kampus Paman Sam

Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia Sung Yong Kim melihat besarnya potensi mahasiswa Indonesia lulusan dari kampus di AS. Karena itu, dia siap mempererat hubungan kedua negara.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Dubes Kim mengaku, Kedutaan Besar AS di Jakarta dan Kantor Konsulat ASyang ada di Indonesia, siap bekerja sama dengan Perkumpulan Alumni Amerika Serikat (Alumnas).

Kesiapan ini disampaikan Dubes Kim saat mengisi acara virtual Alumnas summit yang digelar secara virtual, Rabu (24/11).

Dubes Kim menyatakan, alumni perguruan tinggi di negeri Paman Sam dapat memain kan peranan penting dalam hubungan strategis kedua negara.

"Saya sangat ingin berkolaborasi dengan Alumnas untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara, ujar Dubes Kim. Menurutnya, banyak potensi yang bisa dikembangkan di berbagai sektor di pemerintahan dan masyarakat.

Alumnas Summit I digelar dengan tema Indonesia Rising pada 24-25 November 2021. Acara ini dihadiri lebih dari 500 orang dari berbagai kalangan. Para pembicaranya 52 orang, 10 diantaranya adalah pejabat di pemerintahan.

Pada saat ini, Alumnas mencatat ratusan anggota resmi dari penjuru nusantara. Namun di akhir 2022, Alumnas dapat mengumpulkan ribuan alumni.

Berbekal visi merangkul seluruh lulusan perguruan tinggi ASdi Indonesia, Alumnas bertekad menjadikan Alumnas Summit sebagai wadah untuk mencetuskan pikiran penting, berbagi pengetahuan dan mewujudkan jaringan hubungan antaralumni.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Dewan Penasihat Internasional Alumnas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

"Sebagai alumni dari perguruan tinggi Amerika Serikat, saya meyakini acara ini akan jadi ajang berpikir dan sarana diskusi mengenai upaya berkontribusi dalam pembangunan Indonesia, katanya.

Menurut Yasonna, pilihan tema Indonesia rising sangat relevan dengan kondisi saat ini. Sementara, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengajak generasi muda menjadi entrepreneur di bidang teknologi. [ DAY ]

Artikel Asli