Massa Jarah Toko dan Bakar Gedung Parlemen, Kepulauan Solomon Berlakukan Lockdown 36 Jam

Global | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 08:43
Massa Jarah Toko dan Bakar Gedung Parlemen, Kepulauan Solomon Berlakukan Lockdown 36 Jam

HONIARA - Kepulauan Solomon memberlakukan penguncian ( lockdown ) 36 jam di ibu kota Honiara setelah massa yang berdemonstrasi menuntut pengunduran diri perdana menteri menjarah toko-toko dan membakar gedung, termasuk gedung parlemen negara Pasifik itu.

Perdana Menteri Manasseh Sogavare menyerukan penguncian dalam pidato yang disiarkan Rabu (24/11/2021) malam, setelah polisi sebelumnya mengerahkan gas air mata untuk membubarkan protes.

Menurut laporan media, orang-orang dari pulau terpadat di negara itu, Malaita, telah melakukan perjalanan ke ibu kota meluapkan kemarahan mereka tentang sejumlah masalah domestik termasuk janji infrastruktur yang belum terealisasi.

Selain kemarahan tentang kurangnya pembangunan, pemerintah Solomon telah menghadapi tekanan atas keputusannya memutuskan hubungan dengan Taiwan dan membangun hubungan formal dengan China pada 2019.

"Bangsa kita menyaksikan peristiwa menyedihkan dan tidak menguntungkan lainnya yang bertujuan menjatuhkan pemerintah yang terpilih secara demokratis," kata Sogavare sebagaimana dilansir Reuters .

"Sejujurnya saya berpikir bahwa kita telah melewati hari-hari tergelap dalam sejarah negara kita, namun peristiwa hari ini adalah pengingat yang menyakitkan bahwa kita masih harus menempuh jalan yang panjang."

Artikel Asli