Loading...
Loading…
China Diam-diam Bangun Tiruan Kapal Induk AS, Mampu Tenggelamkan Diri Sendiri

China Diam-diam Bangun Tiruan Kapal Induk AS, Mampu Tenggelamkan Diri Sendiri

Global | rmol.id | Rabu, 17 November 2021 - 15:50

RMOL. China dilaporkan telah diam-diam membangun tiruan dari kapal induk Amerika Serikat (AS) yang dapat membawa jet tempur.

Hal itu diungkap oleh Sam Armstrong dari lembaga think tank Henry Jackson Society, seperti dimuat The Sun pada Selasa (16/11).

Armstrong mengatakan, pembangunan kapal militer tersebut tidak perlu dilakukan oleh China kecuali Beijing berencana melakukan serangan bom terhadap kapal induk.

"Jika China sedang membangun kapal induk yang dibangun dengan skala kapal AS, ia mengembangkan kapasitas untuk mengirim jet tempur cepatnya ke seluruh dunia dengan tujuan tunggal untuk menenggelamkan kapal itu dan membunuh penumpangnya, ujar Armstrong.

"Ini adalah model kerja yang siap digunakan sebagai latihan untuk operasi kehidupan nyata melawan pasukan Barat," tambahnya.

Para analis akhir-akhir ini hampir sepakat dalam pandangan bahwa AS akan segera kehilangan keunggulan angkatan lautnya lantaran disalip oleh China.

Modernisasi angkatan laut China mencakup berbagai program untuk produksi kapal, pesawat terbang dan senjata baru, peningkatan pemeliharaan dan logistik, bersama dengan pengembangan doktrin angkatan laut dan peningkatan personel angkatan laut.

Ukuran dan komposisi yang tepat dari kekuatan angkatan laut China tidak pernah diungkapkan secara resmi oleh Beijing.

Hingga saat ini, diyakini bahwa negara tersebut memiliki 355 kapal perang, termasuk kapal permukaan besar, kapal selam, kapal induk, kapal pendarat dan kapal ladang ranjau.

Menurut The Washington Times , China akan memperoleh total 460 kapal perang pada akhir dekade ini.

Selain itu, China telah memperkenalkan komponen angkatan laut baru dari triad nuklirnya, kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir (SSBN) Tipe 094. Kapal perang tersebut mampu menembakkan rudal balistik dengan jangkauan 7.200 kilometer, yang berarti dapat mencapai Hawaii dan Alaska AS serta Pantai Barat AS.

Laporan tentang kekuatan angkatan laut China yang semakin kuat disertai dengan berita tentang dua dugaan pengujian senjata hipersonik di awal musim panas. []

Original Source

Topik Menarik