Warga Protes Negaranya Ikuti Kontes Miss Universe, Ini Alasannya

Global | inewsid | Published at Minggu, 14 November 2021 - 08:54
Warga Protes Negaranya Ikuti Kontes Miss Universe, Ini Alasannya

JOHANNESBURG, iNews.id - Sejumlah warga Afrika Selatan (Afsel) menggelar aksi memprotes keputusan negara yang akan ambil bagian dalam kontes Miss Universe di Israel. Sebelumnya, penyelenggara kontes kecantikan Afrika Selatan mengatakan Lalela Mswane akan mewakili Afsel dalam kontes 16 Desember mendatang.

Sejumlah wanita yang diorganisir oleh Aliansi Solidaritas Palestina (PSA), menggelar protes di area Morningside, Kota Johannesburg, Jumat (13/11/2021). Mereka pun mendesak Mswane agar memboikot kontes tersebut.

Ketua Liga Pemuda PSA, Noor Ahmad mengatakan, Mswane perlu memahami bahwa dia tidak boleh mewakili Afsel dalam negara apartheid yang secara aktif menghalangi hak-hak perempuan di Palestina.

Dia mencatat perempuan Afsel menderita selama era apartheid. Tidak pantas bagi perwakilan dari Afsel untuk berpartisipasi dalam kompetisi di Israel, di mana mereka melecehkan perempuan Palestina.

Pemrotes lain, Zaharah Msomi mengatakan, keputusan Mswane untuk dikirim ke kompetisi tidak dapat diterima. Dia sebagai wanita kulit hitam yang nenek moyangnya berperang melawan rezim apartheid pun malu dengan keputusan itu.

Dilaporkan, Mswane akan memboikot kompetisi tersebut sebagai protes atas praktik 'apartheid' Israel terhadap warga Palestina. Namun, Rabu lalu, penyelenggara kontes kecantikan Afsel malah mengatakan Mswane akan mewakili negaranya di Israel. Keputusan tersebut menuai reaksi luas dari warga di Afrika Selatan.

Artikel Asli