3 Macan Tutul Mati di Kebun Binatang akibat Covid-19, Harimau Sumatera Sembuh

Global | inewsid | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:47
3 Macan Tutul Mati di Kebun Binatang akibat Covid-19, Harimau Sumatera Sembuh

LINCOLN, iNews.id - Tiga ekor macan tutul salju penghuni sebuah kebun binatang di Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat, mati akibat komplikasi Covid-19. Ketiganya dinyatakan terpapar virus corona bulan lalu dan sejak itu kondisi kesehatan mereka menurun.

Kebun Binatang Anak-Anak Lincoln mengumumkan kabar duka ini melalui Facebook pada Jumat (13/11/2021) malam waktu setempat. Upaya untuk menyelamatkan nyawa Ranney, Everest, dan Makalu, gagal.

"(Macan tutul) yang dicintai oleh masyarakat kami, di dalam maupun luar kebun binatang. Kepergian ini benar-benar memilukan dan kami semua berduka," bunyi pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Minggu (14/11/2021).

Macan tutul salju itu merupakan sebagian dari hewan koleksi Kebun Binatang Anak-Anak Lincoln yang positif Covid-19. Dalam pernyataan pada 13 Oktober lalu, kebun binatang mengumumkan, selain macan tutul salju ada juga harimau Sumatera yang positif Covid-19.

Kebun binatang mengambil sampel swab dan tinja hewan-hewan tersebut setelah petugas mengamati adanya gejala yang konsisten dengan paparan virus pada kucing, termasuk gangguan pernapasan. Mereka lalu diberi obat steroid dan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder.

Sementara itu harimau Sumatera kebun binatang Lincoln berhasil melewati masa-masa sulit Covid-19.

"Harimau Sumatera, Axl dan Kumar, tampaknya telah sembuh total dari sakit," demikian pernyataan kebun binatang.

Musim panas ini, hewan penghuni kebun binatang tersebut mulai menerima vaksin Covid uji coba produksi Zoetis, sebuah perusahaan farmasi hewan di New Jersey.

Artikel Asli