2 Warga Israel Ditangkap di Turki Gara-Gara Potret Kediaman Erdogan, PM Naftali Turun Tangan

Global | inewsid | Published at Minggu, 14 November 2021 - 17:07
2 Warga Israel Ditangkap di Turki Gara-Gara Potret Kediaman Erdogan, PM Naftali Turun Tangan

YERUSALEM, iNews.id - Pasangan asal Israel ditangkap di Turki atas tuduhan mata-mata. Mereka ditangkap pada Jumat lalu setelah memotret kediaman Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dari dek observasi menara telekomunikasi Camlica di Istanbul.

Israel menyangkal tuduhan bahwa keduanya, yakni Natali dan Mody Oknin, merupakan mata-mata. Pemerintah berupaya membebaskan mereka.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan telah berbicara dengan keluarga Natali dan Oknin. Dia berjanji upaya pembebasan tengah dilakukan untuk membawa mereka kembali ke Israel.

"Sseperti telah ditekankan para pejabat, (mereka) tidak bekerja untuk badan (intelijen) Israel apa pun. Pejabat paling senior Israel menangani masalah ini sepanjang akhir pekan, dipimpin Kementerian Luar Negeri dan akan terus bekerja tanpa lelah untuk mencari solusi sesegera mungkin," katanya, dikutip dari Reuters, Minggu (14/11/2021).

Kantor berita Anadolu melaporkan, seorang karyawan Menara Camlica memberi tahu polisi setelah melihat aktivitas mencurigakan pasangan itu, yakni memotret kediaman Erdogan dari restoran.

Seorang warga Turki yang menjadi pemandu pasangan itu juga ditangkap atas tuduhan spionase politik dan militer.

Artikel Asli