Presiden Zelenskiy: Rusia Sudah Kerahkan 100 Ribu Tentara di Perbatasan Ukraina

Global | rmol.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 16:17
Presiden Zelenskiy: Rusia Sudah Kerahkan 100 Ribu Tentara di Perbatasan Ukraina

RMOL.Terdapat hampir 100 ribu tentara Rusia yang diperkirakan berada di dekat perbatasan Ukraina.

Begitu yang dikatakan oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam pidatonya pada pekan ini yang disiarkan di situsnya, seperti dimuat Global News, Minggu (14/11).

"Saya berharap seluruh dunia sekarang dapat melihat dengan jelas siapa yang benar-benar menginginkan perdamaian dan siapa yang memusatkan hampir 100 ribu tentara di perbatasan kita," ujar Zelenskiy.

Zelenskiy juga mengatakan negara-negara Barat telah berbagi informasi mengenai pergerakan pasukan aktif Rusia dengan Kyiv.

Pergerakan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina telah memicu kekhawatiran akan kemungkinan serangan.

Moskow sendiri membantah telah meningkatkan aktivitas militer di perbatasan.

Sementara itu, Inggris telah mengumumkan pihaknya sudah menyiagakan pasukan untuk dikirim ke perbatasan Ukraina.

Mengutip Layanan Udara Khusus dan Resimen Parasut Inggris, The Mirrorpada Minggu melaporkan pihaknya siap untuk mengirim petugas medis, insinyur, pemberi sinyal, dan ratusan pasukan terjun payung ke perbatasan.

Elemen kesiapan tinggi brigade diberitahu bahwa mungkin perlu dikerahkan dalam waktu yang sangat singkat," kata seorang sumber.

Antara 400 dan 600 tentara sudah siap. Peralatan mereka dikemas dan mereka siap untuk terbang ke Ukraina dan mendarat atau terjun payung. Mereka telah berlatih untuk kedua kemungkinan itu," tambahnya.

Sementara itu, sumber-sumber pertahanan mengatakan ratusan pasukan terjun payung Inggris yang didukung oleh unit artileri bisa turun ke wilayah itu dalam waktu 36 jam setelah otorisasi. []

Artikel Asli