Reformasi Berlanjut, Arab Saudi Luncurkan Edisi Pertama Liga Sepakbola Wanita

Global | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 16:00
Reformasi Berlanjut, Arab Saudi Luncurkan Edisi Pertama Liga Sepakbola Wanita

RIYADH - Federasi Sepakbola Arab Saudi meluncurkan edisi pertama Liga Sepakbola Wanita Saudi, Sabtu (13/11/2021). Liga akan dimulai pada 22 November dan akan dilangsungkan dalam dua fase melalui Liga Regional pada fase pertama, dengan partisipasi 16 tim. Pertandingan akan digelar di tiga kota, Riyadh, Jeddah, dan Dammam.

Presiden Dewan Direksi Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF), Yasser Al Misehal, menyatakan bahwa pengumuman ini merupakan momen penting dalam karir SAFF. Menurutnya, peluncuran liga resmi pertama di Kerajaan merupakan salah satu tujuan SAFF saat meresmikan Departemen Khusus Sepakbola Wanita.

Baca: Kisah Pangeran Arab Saudi Diduga Homoseks, Takut Dieksekusi Mati Jika Pulang

"Hari ini kita hidup di momen ini, yang telah dicapai dengan anugerah Tuhan dan kemudian dukungan tak terbatas dari kepemimpinan kita yang bijaksana untuk semua sektor, khususnya di sektor sepakbola," kata Al Misehal, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Sabtu (13/11/2021).

Al Misehal menjelaskan, semua aturan dan peraturan untuk liga telah selesai. Ia menekankan keinginan federasi untuk menerapkannya, mengingat pentingnya edisi ini di sektor sepakbola wanita Saudi.

Anggota Dewan Direksi Federasi Sepakbola Arab Saudi dan Direktur Departemen Sepakbola Wanita, Lamia bin Bahian, menyampaikan terima kasihnya kepada kepemimpinan yang bijaksana atas dukungan dan perhatian tak terbatas yang dinikmati oleh sepakbola wanita.

Baca: Intip Liburan Mewah Para Pangeran Arab, Seminggu Habis Rp11 Miliar

"Saat yang kita jalani hari ini tidak dapat digambarkan dengan transformasi mimpi Liga Wanita Saudi menjadi kenyataan. Kami menikmati dukungan tak terbatas dari kepemimpinan bijaksana kami dan mengingat dukungan ini, kami melanjutkan hari ini dengan kecepatan tetap sesuai dengan strategi ambisius di mana kita semua berbagi semangat, ambisi dan tekad untuk memajukan sepak bola wanita dan mencapainya ke level tertinggi," ujar Lamia.

"Kami telah bekerja sejak hari pertama di Departemen Sepakbola Wanita, yang dimulai di bawah pengawasan Adwaa Al-Arifi, yang melakukan upaya besar dan berpengaruh untuk menyelesaikan langkah pembentukan Liga Wanita pertama pada khususnya, dan mendukung sepakbola wanita pada umumnya," tambahnya.

Ada 16 tim yang ikut berlaga di Liga Sepakbola Wanita Saudi. Tim-tim tersebut terbag di tiga wilayah, yakni Al-Tahadi, Sama, Al-Himma, Al-Seham Al-Zarqa dan Al-Yamamah (Wilayah tengah). Al-Asefah, Nosour Jeddah, Ittihad Al -Quwa, Al-Kora Al-Moshtaela dan Al-Leith Al-Abyad (wilayah Barat). Dan, Shoulla Al-Sharqiah, Al-Mamlaka Al-Nisa'e, Al-Waha dan Ittihad Al-Nosour (wilayah Timur).

Artikel Asli