Media Rilis Video Helikopter Iran Terbang di Atas Kapal Serbu Amfibi AS

Global | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 13:35
Media Rilis Video Helikopter Iran Terbang di Atas Kapal Serbu Amfibi AS

TEHERAN - Kantor berita Iran , Tasnim, merilis sebuah video yang memperlihatkan sebuah helikopter tempur Angkatan Laut negara itu terbang di atas kapal serbu amfibi Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia.

Video yang berdurasi 42 detik itu memperlihatkan kapal serbu amfibi kelas Wasp AS, USS Essex, terlihat dari kokpit helikopter Iran. Menurut media Iran, helikopter Iran tersebut tengah melakukan penerbangan pengintaian di atas kapal perang AS tersebut.

Rekaman itu juga menunjukkan radar USS Essex, juga dikenal sebagai Landing Helicopter Dock (LHD-2), tampaknya diaktifkan saat helikopter terlihat terbang di dekat kapal seperti dikutip dari Sputnik , Minggu (14/11/2021).

Video itu muncul di tengah ketegangan yang memanas antara Teheran dan Washington di Teluk, yang telah berlangsung sejak 2018. Pemicunya adalah keputusan presiden AS saat itu, Donald Trump, mengumumkan penarikan sepihak Washington dari kesepakatan nuklir Iran 2015. Ia juga memberlakukan kembali sanksi ekonomi yang keras terhadap Republik Islam Iran.

Sebelumnya, AS dan Iran juga terlibat ketegangan saat Teheran menyebut tentara Amerika mencoba untuk menyita sebuah kapal tanker. Tuduhan yang dibantah oleh Washington.

Belakangan, kapal tanker minyak itu kemudian disita Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) dan diduga dikawal ke perairan Iran.

Ketegangan meningkat pada Januari 2020 setelah pembunuhan kepala Pasukan Quds elit IRGC, Qasem Soleimani, di dekat Bandara Internasional Baghdad, Irak. Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS bersama petinggi milisi yang didukung Iran.

Awal tahun ini, Laksamana Muda Alireza Tangsiri, komandan Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, menyatakan bahwa Teheran memiliki kendali penuh atas Teluk Persia dan mendominasi seluruh perairan di sana.

Artikel Asli