Kunjungi Taiwan, Presiden Honduras: Kami adalah Sahabat Sejati

Global | rmol.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 07:28
Kunjungi Taiwan, Presiden Honduras: Kami adalah Sahabat Sejati

RMOL.Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez yang akan segera menanggalkan jabatannya melakukan kunjungan ke Taiwan.

Ketika melakukan pertemuan dengan Presiden Tsai Ing-wen pada Sabtu (13/11), Hernandez berharap negaranya akan melanjutkan persahabatan dengan Taiwan.

Kunjungan Hernandez ke Taiwan sendiri dilakukan menjelang pemilu pada 28 November. Berdasarkan jajak pendapat, pemimpin oposisi Xiomara Castro memiliki dukungan yang kuat.

Namun jika terpilih, Castro berjanji akan membawa perubahan, termasuk menjalin hubungan resmi dengan China.

Honduras merupakan satu dari hanya 15 negara yang mempertahankan hubungan diplomatik formal dengan Taiwan.

"Pada saat ini di tengah ketegangan di kawasan itu, Honduras di sini untuk menunjukkan bahwa kami adalah teman sejati dan hanya persahabatan sejati yang dapat dilihat di masa-masa sulit," ujar Hernandez dalam siaran pertemuan dengan Tsai di Facebook.

"Kami berharap untuk memperdalam persahabatan dan hubungan diplomatik seperti itu baik di dalam atau setelah kepresidenan saya," lanjutnya, seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Tsai menyebut kunjungan tiga hari Hernandez sangat penting dan dia berharap kedua negara akan terus saling membantu di panggung internasional.

China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Sementara Taiwan mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka yang berdemokrasi. []

Artikel Asli