Vaksin Covid-19 Generasi 2 Bakal Lebih Nyaman, Ada Oral dan Semprot Hidung

Global | apahabar.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 06:45
Vaksin Covid-19 Generasi 2 Bakal Lebih Nyaman, Ada Oral dan Semprot Hidung

apahabar.com, JAKARTA Para ilmuwan terus berinovasi menciptakan vaksin Covid-19 yang mudah dan nyaman untuk digunakan. Opsi pemberian melalui oral dan nasal alias semprot hidung termasuk dalam pengembangan vaksin Covid-19 generasi 2.

Hal ini disampaikan oleh ilmuwan ternama dari organisasi kesehatan dunia WHO, Soumya Swaminathan. Menurutnya, pengembangan vaksin Covid-19 generasi 2 bakal mnenawarkan sejumlah keunggulan dibanding versi suntik.

Dikutip Detik.com dari NDTV, Swaminathan mengatakan ada 129 kandidat vaksin yang sudah memasuki tahapan uji klinis pada manusia, dan 194 lainnya masih dalam skala laboratorium.

Akan ada kelebihan pada beberapa vaksin generasi kedua. Pastinya jika Anda punya vaksin oral atau vaksin intra-nasal maka akan lebih mudah diberikan dibanding suntik, jelasnya.

Pada akhirnya kita akan bisa memilih mana yang lebih tepat, kata Swaminathan.

Kalaupun bukan untuk Covid-19, kita akan menggunakannya platform tersebut untuk infeksi lain di masa mendatang, lanjutnya.

Salah satu kelebihan vaksin dalam bentuk semprot hidung, menurut Swaminathan adalah bisa memberikan respons imun lokal sebelum virus mencapai paru-paru dan menyebabkan masalah di organ tersebut.

Artikel Asli